Meriahkan HUT ke-78 RI, ASDP Gelar Aksi Tanam 4.050 Bibit Pohon di Seluruh Cabang

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 21:53 WIB
loading...
Meriahkan HUT ke-78 RI, ASDP Gelar Aksi Tanam 4.050 Bibit Pohon di Seluruh Cabang
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelar aksi penanaman total 4.050 bibit pohon yang tersebar di 27 cabang dari Sabang sampai Merauke. (Foto: dok ASDP)
A A A
JAKARTA - Memperingati HUT ke-78 RI dan Hari Konservasi Alam Nasional, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelar aksi penanaman total 4.050 bibit pohon yang tersebar di 27 cabang dari Sabang sampai Merauke.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan bahwa selama 50 tahun, ASDP telah menjalankan misi penting bukan hanya untuk menyatukan Indonesia dengan menghubungkan pulau-pulau di Nusantara namun juga memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

“ASDP telah menjadi tulang punggung konektivitas, memungkinkan mobilitas masyarakat, barang, dan jasa, serta menghadirkan layanan yang tak hanya mempermudah perjalanan, tetapi juga memberikan manfaat sosial dan ekonomi yang besar bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Penanaman 4.050 bibit pohon yang dilakukan oleh ASDP tersebut sejalan dengan kampanye Safety Habit 3J yang mencakup Jaga Diri, Jaga Alat, dan Jaga Lingkungan dan tujuan keberlanjutan. Kegiatan ini menjadi bentuk kepedulian insan ASDP terhadap lingkungan yakni menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, menyerap polusi udara, dan membantu mencapai target emisi nol pada tahun 2060 serta menjawab isu dekarbonisasi.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengungkapkan bahwa ratusan bibit pohon buah, pohon pelindung, dan pohon hias telah diterima langsung oleh seluruh cabang ASDP.

“Penanaman 4.050 pohon tersebut dilaksanakan serentak di 27 cabang ASDP sebagai momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia yaitu Kamis (17/8/2023),” ucapnya.

Ia menjelaskan, program penanaman pohon ini juga merupakan kolaborasi Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 1 (tanpa kemiskinan), nomor 6 (Air Bersih dan Sanitasi Layak), nomor 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), nomor 13 (Perubahan Iklim), nomor 15 (Kehidupan di Darat), dan nomor 17 (Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan).

Meriahkan HUT ke-78 RI, ASDP Gelar Aksi Tanam 4.050 Bibit Pohon di Seluruh Cabang

Program penanaman pohon ini telah diselenggarakan di Pontianak, Lembar, Ketapang, Kayangan, Baubau, Banda Aceh, Sape, Batulicin, Danau Toba, dan Padang.

Shelvy juga menambahkan, ASDP sebagai operator kapal terbesar di dunia yang mengoperasikan 216 unit kapal dan 34 unit Pelabuhan memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Shelvy juga mengatakan, ia berharap 4.050 pohon yang akan ditanam di lingkungan pelabuhan tersebut dapat dijaga, dipelihara, dan dirawat dengan baik sehingga dapat menjaga keberlanjutan lingkungan dan memperkuat upaya pelestarian alam khususnya di sekitar pelabuhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)