Siap-siap, QRIS Bakal Bisa Dipakai Belanja di Vietnam

Senin, 21 Agustus 2023 - 15:03 WIB
loading...
Siap-siap, QRIS Bakal Bisa Dipakai Belanja di Vietnam
Vietnam akan ikut bersama Indonesia memperkuat kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan Asia Tenggara. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Vietnam akan ikut bersama Indonesia memperkuat kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan Asia Tenggara. Hal ini tertuang dalam kesepakatan Regional Payment Connectivity ( RPC ) di ASEAN.

"Ini akan segera direalisasikan (signing-nya) saat pertemuan ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) kedua Jumat nanti," ujar Direktur Departemen Internasional Bank Indonesia (BI) Iss Savitri Hafid dalam Media Briefing AFMGM di Jakarta, Senin (21/8/2023).



Dia menuturkan, sebenarnya ada tiga hal yang sudah coba diajukan Indonesia mengenai RPC ini dari sisi jumlah negara. Tetapi, yang sudah siap sebenarnya adalah Vietnam.

"Ada dua negara lain yang juga mau signing, tapi yang sudah selesai prosesnya ya Vietnam, rencananya tanggal 25 nanti," imbuhnya.

Adapun kesepakatan kerja sama ini akan diwujudkan dalam bentuk penandatanganan memorandum of understanding (MoU). "Dengan demikian, ini menjadi langkah awal menjalin kerjasama QRIS, Fast Payment, RTGS, API, dan data framework," ucap Iss.



Pihaknya sudah menyusun roadmap atau peta jalan dari RPC ini. Namun, Iss belum bisa menjelaskan detailnya lebih jauh. "Saya belum bisa spill di sini, tapi roadmap ini nantinya akan memetakan 5 sampai 6 negara lain," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)