Ekonomi Indonesia Bisa Manfaatkan Pertumbuhan AS dan China

Rabu, 22 Februari 2017 - 15:50 WIB
Ekonomi Indonesia Bisa Manfaatkan Pertumbuhan AS dan China
Ekonomi Indonesia Bisa Manfaatkan Pertumbuhan AS dan China
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, ada kabar baik dari ekonomi global. Di mana, Indonesia bisa mengharapkan pertumbuhan yang lebih tinggi pada tahun ini.

Pertumbuhan tersebut terutama berasal dari keuntungan di Amerika Serikat (AS) dan China. Pertumbuhan ekonomi AS membaik sebagaimana tercermin dalam kenaikan inflasi dan jatuh pengangguran.

"Sementara itu, pertumbuhan ekonomi China yang direvisi ke atas sebagai pemerintah berencana untuk memprioritaskan pertumbuhan selama reformasi pada 2017," ujar Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Namun, Agus menuturkan, sebagai akibatnya adalah wajar untuk mengharapkan kenaikan Fed Fund Rate (FFR) tidak begitu jauh. Misalnya, Indonesia dapat memprediksi dampak dari kenaikan FFR dan naiknya harga minyak.

"Tetapi masih belum diketahui bagaimana Brexit dan proteksionisme perdagangan akan memengaruhi perekonomian. Selain itu, ada juga risiko yang masih belum diketahui apakah mereka akan terwujud, apalagi dampaknya terhadap perekonomian. Dalam kategori ini adalah risiko geopolitik bermain di bagian-bagian tertentu dari dunia seperti Timur Tengah dan Eropa," kata dia.

Agus juga meramalkan bahwa harga minyak 2017 akan terus meningkat terutama setelah OPEC dan beberapa negara non-OPEC sepakat untuk memangkas produksi.

"Sementara harga logam mulia dan komoditas lainnya diantisipasi untuk bergerak dalam tren," ucap mantan menkeu ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5646 seconds (0.1#10.140)