Mengupas Kolaborasi Dinamis Motionbank dan Fintech melalui BaaS

Rabu, 23 Agustus 2023 - 19:24 WIB
loading...
Mengupas Kolaborasi Dinamis Motionbank dan Fintech melalui BaaS
Banking as a Service (BaaS), telah menjadi salah satu opsi menarik dalam pengembangan layanan perbankan digital yang lebih masif. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perkembangan era digital yang sedang berkembang pesat telah memicu inovasi dalam industri keuangan yang semakin melampaui batas-batas konvensional. Model bisnis yang memungkinkan perusahaan non-bank untuk menyediakan layanan keuangan dengan memanfaatkan infrastruktur bank atau lembaga keuangan berlisensi, dikenal sebagai Banking as a Service (BaaS), telah menjadi salah satu opsi menarik dalam pengembangan layanan perbankan digital yang lebih masif.



Sebagai pembicara dalam gelaran Fintech Revolution Summit pada Selasa, 22 Agustus 2023, Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono menyampaikan bahwa, penerapan BaaS memiliki berbagai keuntungan bagi industri Financial Technology (Fintech), antara lain efisiensi biaya, mempercepat aplikasi yang dikembangkan untuk masuk ke pasar karena infrastrukturnya sudah siap pakai.

"Fintech juga dapat meningkatkan skala operasi secara efisien menggunakan platform BaaS, karena mereka dapat mengakses layanan dan kemampuan perbankan yang tumbuh seiring dengan kebutuhan bisnis mereka, serta banyak lagi keuntungan lainnya,” ungkap Yudistira.



Lanjut dari sisi Bank, beliau menyampaikan bahwa penerapan BaaS akan mempercepat akselerasi transformasi digital dan secara cepat bisa mengintegrasikan produk dan layanan keuangan terkini, menyederhanakan operasi, dan menjangkau segmen pengguna baru tanpa harus membangun infrastruktur dari awal. Pada akhirnya, penerapan BaaS dapat meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pengguna.

Dalam industri perbankan dan keuangan yang terus berubah, kolaborasi BaaS memungkinkan MotionBank untuk tetap relevan dan berada di garis depan untuk beradaptasi dengan tren terbaru.

Yudistira juga membeberkan tentang transformasi MotionBank sebagai aplikasi layanan perbankan digital dari MNC Bank dengan berbagai fitur layanan unggulannya, mulai dari transaksi tarik dan setor tunai di jaringan Indomaret seluruh Indonesia, transaksi sehari-hari seperti pembayaran by QRIS, transfer dana, pembayaran berbagai tagihan, top up & pay ke berbagai mitra layanan digital seperti MotionPay, Gopay, OVO hingga DANA.

Selain itu, MotionBank juga memiliki fitur-fitur unggulan terbaru seperti Pengajuan Kartu Kredit Online, Split Bill untuk permintaan transfer antar rekening MotionBank, Transfer dana menggunakan nomor handphone yang terdaftar untuk sesama rekening MotionBank, hingga pembukaan rekening tabungan maupun Deposito Online.

MotionBank juga merilis fitur pembukaan rekening Tabungan Pensiun Motion, dimana dengan fitur tersebut, pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat melakukan transaksi penarikan uang pensiun tanpa harus datang secara fisik, dari mana saja dan kapan saja. MNC Bank juga bersinergi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk memudahkan peserta dan nasabah dalam mengakses layanan kepesertaan BPJAMSOSTEK yang terintegrasi dengan layanan perbankan dari MNC Bank.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)