Sah, BCA Caplok Rabobank

Kamis, 30 Juli 2020 - 18:23 WIB
loading...
Sah, BCA Caplok Rabobank
Bank Central Asia Tbk (BCA) resmi mengakuisisi penuh saham PT Bank Rabobank International Indonesia (Rabobank). Hal ini disepakati oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BCA yang digelar pada hari ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Central Asia Tbk (BCA) resmi mengakuisisi penuh saham PT Bank Rabobank International Indonesia (Rabobank). Hal ini disepakati oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BCA yang digelar pada hari ini.

BCA dan entitas anak PT BCA Finance berencana membeli masing-masing 3.719.069 dan 1 (satu) lembar saham dari para pemegang saham Rabobank yang mewakili 100% dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor pada Rabobank.

(Baca Juga: Kuartal I 2020, BCA Kantongi Laba Bersih Rp6,6 Triliun )

"Adapun total nilai rencana akuisisi akan mengacu kepada premium yang bersifat tetap sebesar USD20,5 juta ditambah dengan 1 x adjusted book value pada saat penyelesaian (closing) yang diperkirakan rampung di September 2020," tulis keterangan tersebut di Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Rencana akuisisi Rabobank ini tidak memberikan dampak material pada permodalan Perseroan. Kebutuhan pendanaan untuk rencana akuisisi telah dipersiapkan dari modal sendiri.

Setelah memperoleh persetujuan dari RUPSLB, selanjutnya BCA akan mengajukan permohonan izin-izin terkait rencana akuisisi Rabobank kepada Otoritas Jasa Keuangan. Diperkirakan proses akuisisi akan selesai pada kuartal III 2020.

Sebelumnya, BCA telah meneken perjanjian mengakuisisi saham Rabobank Indonesia dari Grup Rabobank melalui perjanjian bersyarat pada 11 Desember 2019. Perseroan menyiapkan dana Rp500 miliar untuk mengakuisisi penuh saham Rabobank.

Melalui prospektus yang disampaikan perusahaan mengenai rencana akuisisi saham, BCA selaku entitas induk akan menggenggam kepemilikan 99,99% setara 3.719.069 saham. Sedangkan sisanya akan dimiliki PT BCA Finance, anak usaha perseroan di bidang jasa pembiayaan mobil (multifinance).

Rencananya, BCA akan mengakuisisi Rabobank menggunakan dana yang bersumber dari laba ditahan perseroan. Sepanjang 2019, BCA mencatat perolehan laba bersih Rp 28,6 triliun tumbuh 10,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)