Jelang Purnatugas, Ganjar Optimalkan Penyediaan Layanan Air Bersih di Jateng

Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:28 WIB
loading...
Jelang Purnatugas, Ganjar Optimalkan Penyediaan Layanan Air Bersih di Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam rangkaian peresmian kantor baru perusahaan pengelola air bersih daerah PT Tirta Utama Jateng (Perseroda) di Banyumanik, Kota Semarang, Jateng, Kamis (24/8/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tinggal belasan hari. Ganjar akan purnatugas sebagai gubernur terhitung pada 5 September 2023 mendatang. Di ujung masa jabatannya, Ganjar tetap berupaya menggenjot kualitas layanan untuk seluruh masyarakat Jateng. Salah satunya pada layanan penyediaan air bersih .

Pada Kamis (24/8/2023), Ganjar meresmikan kantor baru perusahaan pengelola air bersih daerah PT Tirta Utama Jateng (Perseroda) di Banyumanik, Kota Semarang, Jateng. Kantor baru itu diharapkan mendorong kinerja layanan perusahaan tersebut buat masyarakat.

"Kita mau ini bukan hanya sekadar gedung untuk mereka berkantor, tapi betul-betul butuh membuat kebijakan yang betul-betul progresif, khususnya dalam memberikan sumber air bersih kepada masyarakat," kata Ganjar.



Ganjar mengatakan, ada PR yang mesti dikerjakan bersama-sama untuk meningkatkan layanan air bersih pemerintah dengan meminimalisir gangguan-gangguan seperti aliran air yang mati, air yang kotor, atau pemenuhan kebutuhan air bersih yang belum mencukupi.

Menurut bakal calon presiden dari Partai Perindo ini mengatakan, para pengelola air bersih mesti lebih sering berkomunikasi dan berkoordinasi agar gangguan-gangguan tersebut tidak lagi dirasakan masyarakat Jateng di masa yang akan datang.

"Komunikasi dengan PDAM, coverage yang belum terpenuhi di mana, kondisi kedaruratannya seperti apa, maka kita mau kantor ini menjadi tempat untuk berpikir, berdiskusi, mendesain agar kemudian air bersih masyarakat di Jawa Tengah terpenuhi," jelas Ganjar.

Terlebih, saat ini isu lingkungan hidup banyak didiskusikan para pemangku kebijakan beserta masyarakat luas karena kualitasnya yang menurun. Sebab itu Ganjar ingin menghadirkan layanan air bersih terbaik agar kualitas hidup masyarakat Jateng semakin baik.

"Ini berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat. Kalau air bersihnya belum didapat jangan harap kualitas kesehatan masyarakat juga baik," sambung Ganjar.



Untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, Ganjar membangun, mendistribusi, dan menggratiskan sistem penyediaan air minum (SPAM) hingga menjangkau daerah pelosok Jateng. Terbaru, layanan tersebut hadir di Desa Gendoang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jateng.

Bantuan senilai Rp371,7 juta itu dialokasikan dari APBD Provinsi Jateng untuk pengelolaan dan pengembangan SPAM lintas kabupaten dan kota. "Mudah-mudahan lebih bagus lagi nanti pengelolaan air bersih. Jaga integritas agar kemudian kualitas layanannya baik," pungkas Ganjar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2604 seconds (0.1#10.140)