Kerugian Ekonomi Akibat Kebakaran Dahsyat di Hawaii Ditaksir Capai Rp91,1 T

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 11:39 WIB
loading...
Kerugian Ekonomi Akibat Kebakaran Dahsyat di Hawaii Ditaksir Capai Rp91,1 T
Kerusakan akibat kebakaran hutan paling mematikan dalam sejarah modern AS, yang menewaskan lebih dari 100 orang dan menghancurkan rumah dan bisnis yang tak terhitung jumlahnya di Hawaii, ditaksir oleh RMS Moodys. Foto/Dok reuters
A A A
HONOLULU - Kerusakan akibat kebakaran hutan paling mematikan dalam sejarah modern Amerika Serikat (AS), yang menewaskan lebih dari 100 orang dan menghancurkan rumah dan bisnis yang tak terhitung jumlahnya di Hawaii , ditaksir mengakibatkan kerugian berkisar antara USD4 miliar hingga USD6 miliar atau setara Rp91,1 triliun (Kurs Rp15.190 per USD). Perkiraan kerugian ekonomi ini dirilis oleh RMS Moody's.



Perusahaan modeling dan solusi risiko bencana global mengatakan, perkiraan tersebut mencerminkan kerugian langsung dan tidak langsung dari kerusakan aset fisik. Namun proyeksi tersebut tidak memperhitungkan efek kebakaran pada produk domestik bruto Hawaii, pengeluaran pemerintah untuk menanggapi bencana, atau biaya sosial dari kebakaran.



Perkiraan tersebut mencakup kerusakan properti, gangguan bisnis, dan mencakup aset perumahan, komersial, industri, mobil, dan infrastruktur. Menurut laporan itu, kerugian kemungkinan besar terkonsentrasi di kota bersejarah Lahaina, di mana api membakar lebih dari 2.100 hektare dan menghancurkan hampir 2.200 bangunan.

Pembangunan kembali bakal menelan biaya yang sangat mahal karena inflasi menaikkan harga selama proses pemulihan yang panjang, kata Moody's. Asuransi diharapkan mencakup sekitar 75% atau lebih dan Hawaii memiliki tingkat penyerapan asuransi yang tinggi.

"Kerugian pasca-peristiwa diperkirakan akan tinggi dalam kasus ini karena efek pulau pada rantai pasokan, biaya tenaga kerja konstruksi yang tinggi secara umum, dampak inflasi selama waktu pemulihan yang panjang dan potensi peraturan dan persyaratan hukum," kata wakil presiden pemodelan di RMS Moody's, Rajkiran Vojjala.

Kebakaran hutan Hawaii menjadi bencana yang paling mematikan di AS dalam lebih dari satu abad. Korban jiwa telah meningkat menjadi setidaknya mencapai 115 orang dan 1.100 masih hilang menurut pejabat Kabupaten Maui pada hari Selasa.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)