Peruri Beberkan Perjalanan Transformasi Digital Bisnisnya

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 12:51 WIB
loading...
Peruri Beberkan Perjalanan Transformasi Digital Bisnisnya
Salah satu perusahaan yang telah berhasil menjalankan transformasi digital, Peruri membagikan kiat-kiat sukses perjalanan transformasi bisnisnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Salah satu perusahaan yang telah berhasil menjalankan transformasi digital , Peruri membagikan kiat-kiat sukses perjalanan transformasi bisnisnya. Hal itu disampaikan dalam ajang Tech Conference 2023 dengan tema “Collaboration for Innovation” di Samasara Grand Ballroom, Sopo Del Tower.



Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertugas mencetak uang dan dokumen berharga lainnya ini tercatat telah melakukan transformasi digital setidaknya sejak lima tahun terakhir.

Peruri Beberkan Perjalanan Transformasi Digital Bisnisnya


Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya menjelaskan proses transformasi digital di Peruri ditandai dengan era pembayaran nontunai atau cashless. Sebab kata Dwina, sebelumnya Peruri belum memiliki bisnis di bidang digital.

“Bagaimana kita dalam lima tahun ini melayani beberapa customer produk digital. Sebelumnya Peruri kan bisnis penugasan, ada dari Bank Indonesia, Ditjen Pajak, Ditjen Bea Cukai, Ditjen Imigrasi dan BPN. Tapi saat Peruri masuk era digital, kami memiliki lebih dari 700 customer baru,” ungkap Dwina.



Sambung Dwina memaparkan, transformasi digital yang dilakukan Peruri bukan semata untuk bertahan dan mengikuti perkembangan zaman. Dia menjelaskan, setelah masuk ke era digital, fokus bisnis Peruri mengalami pergeseran. Di mana Peruri mulai menawarkan solusi mengenai produk penjaminan keaslian dan autentikasi.

Menurutnya, transformasi ini dilakukan dengan memanfaatkan bisnis yang belum dimiliki. “Pertama, kami harus tahu value proportion perusahaan. Semua orang tahu bahwa Peruri perusahaan cetak uang. Saat ini kami bukan pindah bisnis, akan tetapi hanya menjalani kompetensi yang relevan dengan era baru,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dwina menyebut transformasi digital turut menciptakan peluang baru sekaligus tantangan bagi korporasi. Dengan upaya ini, akan ada efisiensi dalam operasional bisnis, di sisi lain ada bisnis yang turut terdampak karena tak mampu melakukan adaptasi. Ke depan, dia menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah menyetujui usulan terkait Peruri yang ditunjuk sebagai Govtech Indonesia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)