Beroperasi Tanpa Masinis, Menhub: LRT Jabodebek 90% Produk Anak Bangsa

Senin, 28 Agustus 2023 - 11:19 WIB
loading...
Beroperasi Tanpa Masinis, Menhub: LRT Jabodebek 90% Produk Anak Bangsa
Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa Indonesia harus bangga dengan adanya moda transportasi LRT Jabodebek yang sudah diresmikan hari ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa Indonesia harus bangga dengan adanya moda transportasi LRT Jabodebek yang sudah diresmikan hari ini. Alasannya karena kata Menhub, LRT Jabodebek merupakan karya anak bangsa .

"Kita harus bangga karena ini dikerjakan oleh para anak bangsa. 90 persen produk anak bangsa," kata Menhub yang dipantau melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/8/2023).

Lebih lanjut Ia menerangkan, bahwa dengan terwujudnya LRT Jabodebek ini juga menandakan bahwa sektor transportasi di Indonesia semakin maju.

"Hari ini menjadi hari yang bersejarah karena moda transportasi light rapid transit atau lintas raya terpadu (LRT Jabodebek) akhirnya dapat diresmikan. Alhamdulillah ini pencapaian besar pembangunan di sektor transportasi yang semakin maju," bebernya.



Menhub juga mengatakan, bahwa LRT Jabodebek menjadi salah satu upaya Indonesia untuk mencapai moda transportasi ramah lingkungan. Tidak hanya disitu, Menhub mengatakan bahwa moda transportasi LRT Jabodebek tetap mengutamakan safety dan layanan.

Hal ini tergambar dari berbagai layanan yang sudah terintegrasi, di antaranya yaitu KRL, Bus Transjakarta, MRT Jakarta hingga nantinya juha akan terintegrasi dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. "Hingga nantinya integrasi ini dapat juga mencapai Bandung," katanya.

Lebih lanjut, Menhub berharap bahwa konsep pembangunan transportasi yang berada di Jakarta dan sekitarnya dapat diterapkan di seluruh kota-kota di Indonesia. Sehingga mobilisasi masyarakat berjalan dengan mudah.

"Kami harapkan konsep ini akan menjadi satu pola bagi pengembangan kota-kota di seluruh Indonesia," katanya.

Adapun pada hari ini, Presiden Joko Widodo telah meresmikan moda transportasi tanpa masinis yakni LRT Jabodebek pada Senin (28/8) pagi. Peresmian tersebut dilakukan di Stasiun Cawang.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)