Apa Saja Keuntungan Indonesia Jika Bergabung dengan OECD?

Senin, 28 Agustus 2023 - 15:42 WIB
loading...
Apa Saja Keuntungan Indonesia Jika Bergabung dengan OECD?
Presiden Jokowi saat menerima delegasi dari OECD di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (10/08/2023). Ada beberapa keuntungan jika Indonesia bergabung dengan OECD. Foto/Dok. BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Ada banyak keuntungan bagi Indonesia jika nantinya resmi bergabung dengan OECD . Salah satu yang utama adalah menyempurnakan kebijakan-kebijakan sesuai standar internasional, termasuk negara maju.

Saat ini Indonesia tengah berada dalam proses aksesi menjadi anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Mengutip laman Kemenko Perekonomian pada Senin (28/8/2023), Menko Airlangga Hartarto menjadi tuan rumah dalam jamuan makan malam bagi 28 perwakilan negara anggota OECD.

Berlangsung di Park Hyatt Hotel Jakarta, Kamis (24/8/2023), pertemuan itu ditujukan untuk mendiseminasikan perkembangan terkini perekonomian Indonesia serta menjaring dukungan bagi proses aksesi Indonesia pada OECD. Jika nantinya resmi bergabung OECD, apa saja keuntungan yang bisa didapat Indonesia?

Keuntungan Indonesia Jika Bergabung dengan OECD

1. Langkah Mencapai Tujuan Strategis Nasional


Indonesia memerlukan sarana dan pendekatan baru guna memandu pembuat kebijakan terus bergerak maju, terutama dengan menyesuaikan diri dengan standar internasional. Kondisi ini bisa diwujudkan dengan status keanggotaan OECD.

Pada pertemuan dengan perwakilan anggota OECD beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa berbagai institusi dan pembuat kebijakan di Tanah Air bisa mengambil manfaat dari proses keanggotaan OECD. Salah satunya adalah memperkuat penyusunan kebijakan berbasis bukti dan analisis, termasuk pada aspek reformasi lingkungan, sosial dan tata kelola.



Sejalan dengan hal tersebut, nantinya kebijakan nasional Indonesia akan mampu untuk beradaptasi dengan perubahan struktural yang berlaku, seperti dekarbonisasi, digitalisasi, hingga masalah demografi. Jika sesuai rencana, Indonesia bisa saja lolos dari ‘middle income trap’ seperti yang sempat dilakukan Korea Selatan.

2. Stabilitas Ekonomi Nasional


Tak hanya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, manfaat bergabungnya Indonesia dengan OECD juga sempat disampaikan Institute for Development of Economics and Finance (Indef).

Mengutip Antara, M Rizal Taufikurahman selaku Kepala Center of Macroeconomics and Finance Indef menyebut bahwa OECD mengutamakan stabilitas ekonomi pada setiap anggotanya. Sejalan dengan hal ini, apabila Indonesia berhasil menjadi anggota OECD maka bisa membantu mencapai stabilitas ekonomi.

Kemudian, momen ini juga menandakan komitmen Indonesia. Khususnya untuk menunjang standar ekonomi yang tinggi sesuai standar internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)