Dua Ruas Tol Trans Sumatra Diuji Coba, Waktu Tempuh Jadi 20 Menit

Selasa, 29 Agustus 2023 - 11:26 WIB
loading...
Dua Ruas Tol Trans Sumatra Diuji Coba, Waktu Tempuh Jadi 20 Menit
Dua ruas Jalan Tol Trans Sumatra diuji coba. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) baru saja melakukan serangkaian uji laik fungsi (ULF) dua ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). Uji coba diperlukan agar bisa mengakselerasikan pengoperasian.



Kedua ruas yang diuji adalah Tol Indrapura-Kisaran Seksi I Indrapura -Lima Puluh sepanjang 15,6 kilometer (km) dan Tol Gate-to-Gate Tebing Tinggi-Indrapura (Seksi I dan sebagian Seksi II) sepanjang 28,3 km.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, ULF bertujuan menguji spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di ruas jalan tol untuk memenuhi standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

“Selain untuk memenuhi standar, kami berharap dapat mengakselerasikan pengoperasian dua ruas jalan tol ini, utamanya meningkatkan konektivitas untuk mendukung kegiatan ekonomi di Sumatra Utara,” pungkas Koentjoro melalui keterangan pers, Selasa (29/8/2023).

Dalam kegiatan ini, tim penguji terbagi menjadi tiga sub tim, yakni sub tim satu bidang keselamatan dan manajemen lalu lintas jalan, sub tim dua bidang sarana jalan, jembatan dan bangunan pelengkap, dan sub tim tiga bidang operasi dan administrasi.

Lebih detail, lingkup pemeriksaan pada Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi I Indrapura-Lima Puluh menjadi dua jalur, yakni Jalur A mainroad STA 109+100 sampai STA 124+700 dan Jalur B sebaliknya.

Sementara Jalan Tol Gate-to-Gate Tebing Tinggi-Indrapura (Seksi I dan sebagian Seksi II) juga dibagi menjadi dua jalur pemeriksaan, yakni Jalur A dan B. Seksi I (Tebing Tinggi-Inderapura) KM 86+250 sampai KM 106+650. Seksi II (Tebing Tinggi - Inderapura) KM 106+650 sampai KM 109+100. Akses (Akses Kuala Tanjung-Indrapura) KM 102+200 T sampai KM 107+600 T secara menerus ke arah Indrapura.

Tidak hanya spesifikasi jalan, lanjut Koentjoro, kesiapan sarana operasional pada kedua jalan tol ini juga menjadi salah satu poin dalam lingkup pemeriksaan. Seperti tersedianya sejumlah kendaraan patroli, kendaraan derek, ambulan, hingga alat transaksi di gerbang tol.

Dengan fokus pada konektivitas, efisiensi, dan keberlanjutan, Koentjoro memandang ULF menandai langkah signifikan dalam memastikan jalan tol dapat dibuka sesegera mungkin dengan kualitas tol yang dipastikan cukup baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)