Tangkal Ancaman Siber, MNC Bank Berbagi Strategi Penting Hindari Kejahatan Social Engineering

Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:39 WIB
loading...
Tangkal Ancaman Siber, MNC Bank Berbagi Strategi Penting Hindari Kejahatan Social Engineering
MNC Bank berbagi tips mencegah kejahatan siber. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Era digital memang telah membawa perubahan fundamental dalam berbagai aspek kehidupan kita, termasuk pada sektor industri perbankan . Namun, dari manfaat teknologi tersebut juga datang ancaman serius, yakni serangan siber. Untuk menghadapi dinamika yang semakin kompleks, industri perbankan kini wajib menunjukkan ketangguhannya dengan mengembangkan strategi inovatif guna melindungi data nasabah dan menjaga kestabilan sistem perbankan.



“Industri perbankan saat ini kan scoop businessnya sudah meluas menjadi ekosistem digital yang saling terkoneksi/multiplatform. Namun, kemajuan itu juga membawa risiko baru, terutama dalam bentuk serangan siber. Kalau kita cermati, kejahatan social engineering seperti phising sekarang ini menjadi favorit para penjahat siber untuk memanipulasi, menipu, atau memanfaatkan korbannya dengan tujuan mencuri informasi pribadi pada sistem perangkat digital mereka. Caranya, mereka mengirimkan pesan atau link palsu yang terlihat seperti dari sumber yang resmi, seperti bank atau lembaga terkenal, dengan tujuan untuk mendapatkan informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi identitas,” demikian disampaikan Chief Technology Officer MNC Bank Parman Suparman usai menjadi salah satu panelis di acara eksekutif Cyber Security yang diadakan di Jakarta pada Selasa (29/8/2023).

Menghadapi ancaman tersebut, industri perbankan terus mengembangkan strategi untuk mengurangi risiko yang terkait dengan kejahatan siber, termasuk social engineering. Untuk itu, Parman kemudian mengungkapkan sejumlah langkah mitigasi kejahatan siber tersebut:

1. Pertama, pelajari tentang berbagai jenis serangan siber termasuk social engineering, cara mereka beroperasi, dan cara-cara yang dilakukan untuk memanipulasi korban.
2. Jika Anda menerima permintaan informasi atau tindakan yang mencurigakan, pastikan untuk melakukan verifikasi identitas pihak tersebut. Hubungi langsung melalui kontak resmi/call center.
3. Sebelum mengklik link atau membuka lampiran, periksa URL atau alamat email dengan teliti, biasanya pelaku kejahatan siber selalu menggunakan domain atau alamat email yang mirip dengan yang resmi, tetapi pasti ada perbedaan kecil yang bisa dikenali.
4. Aktifkan fitur keamanan atau antivirus yang kuat pada perangkat Anda, utamakan yang berbayar karena kita bisa dapat full akses pada fitur-fitur keamanannya. Serta jangan lupa menginstal pembaharuan dan pemutakhiran secara teratur pada perangkat Anda.

Dengan pendekatan komprehensif yang melibatkan edukasi, teknologi, dan budaya keamanan, industri perbankan berusaha menjaga kepercayaan nasabah dan integritas sistem.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu MNC Bank telah menginisiasi program edukasi yang bertujuan untuk membekali nasabah dan masyarakat dengan pengetahuan tentang teknik dan panduan langkah-langkah pencegahan kejahatan siber yang efektif. Dari sisi internal, MNC Bank juga sudah melekatkan standarisasi ISO 27001:2013 tentang Standarisasi Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) pada layanan digitalnya. Melalui peningkatan standarisasi keamanan tersebut, diharapkan dapat melindungi pengguna layanan digital MNC Bank dari dari akses yang tidak resmi.

Terakhir, Parman menyampaikan, “Dalam menghadapi kejahatan social engineering, nasabah dan masyarakat diharapkan dapat selalu waspada serta terus melakukan verifikasi identitas pihak yang meminta informasi atau tindakan tertentu, karena dengan langkah proteksi tersebut dapat menghindarkan dari jebakan serangan siber yang sangat merugikan”.

Terkait informasi mengenai PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT), dapat menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank dan @motionbankingid di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.



Nikmati layanan perbankan digital dan produk-produk lain MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan https://bit.ly/MotionBankMNC .

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3025 seconds (0.1#10.140)