Arab Saudi Sepakat Tingkatkan Ekspor Minyak ke China

Sabtu, 18 Maret 2017 - 20:12 WIB
Arab Saudi Sepakat Tingkatkan Ekspor Minyak ke China
Arab Saudi Sepakat Tingkatkan Ekspor Minyak ke China
A A A
BEIJING - China dan Arab Saudi sepakat untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara khususnya dalam sektor minyak, termasuk ekspor minyak Saudi ke China. Pernyataan resmi ini disampaikan kedua pihak pada akhir pekan kemarin dipenghujung kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud ke Beijing.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (18/3/2017) eksportir minyak terbesar di dunia tersebut melihat ada potensi peningkatan kerja sama dengan ekonomi terbesar kedua di dunia. Setelah kehilangan pasar untuk Rusia tahun lalu, Arab Saudi telah berupaya untuk meningkatkan penjualan minyak ke China.

"Kedua negara bersedia untuk menaikkan level dari kerja sama di sektor minyak, termasuk memasok minyak Saudi untuk pasar Cina yang terus berkembang," ucap kedua pihak dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor berita resmi China, Xinhua.

"Kedua belah pihak menekankan pentingnya stabilitas di pasar minyak dunia untuk ekonomi global. China menghargai Arab Saudi sebagai pemasok minyak yang stabil dan dapat diandalkan untuk pasar dunia, dan peran tersebut dimainkan dalam memastikan stabilitas pasar minyak global," sambungnya.

Sebelumnya Raja Salman diyakini berpotensi meneken kerja sama senilai USD65 miliar pada hari pertama kunjungannya ke Beijing, tengah pekan kemarin. China sendiri telah memainkan peran kecil dalam konflik Timur Tengah dan telah berusaha untuk terlibat lebih banyak dalam upaya mengakhiri perang saudara di Suriah yang sudah berkecambung selama enam tahun.

Tahun lalu, China juga ditawarkan dukungan untuk pemerintah Yaman, yang didukung oleh sebuah koalisi yang dipimpin negara-negara teluk dalam perang melawan gerakan Houthi Iran-blok yang mengendalikan banyak negara. Sumber-sumber diplomatik mengatakan China sedang mencoba untuk memainkan peran sebagai "broker jujur" di Timur Tengah.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1644 seconds (0.1#10.140)