Gelar Temu Bisnis, Gubernur Khofifah Sukses Tarik Minat 7 Perusahaan Inggris Berinvestasi di Jatim

Kamis, 31 Agustus 2023 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, membangun koneksitas transportasi publik merupakan hal penting untuk memudahkan mobilitas/pergerakan barang dan jasa (masyarakat, industri dan wisata). Penyusunan dokumen perencanaan tersebut merupakan bagian dari readiness criteria dalam pembangunan transportasi publik (MRT, LRT, BRT, dan lain-lain).

“Hasil studi-studi dimaksud diharapkan dapat menjadi dasar untuk membangun kerja sama lebih konkret dengan memberikan solusi mengatasi kepadatan transportasi, traffic di aglomerasi Surabaya melalui transportasi publik,” jelasnya.

Khofifah menambahkan, Provinsi Jatim juga menjadi satu-satunya provinsi yang diberi kewenangan untuk mengelola bandara enclave sipil. Oleh karena itu pertemuan ini sangat produktif membahas serta mempertemukan program-program strategis di sektor transportasi.

"Lewat pertemuan ini kami harap akan ada yang bisa dikerjasamakan lebih konkret baik di sisi pengembangan pelabuhan laut maupun udara," imbuhnya.

Tak hanya menawarkan investasi bidang transportasi, Khofifah juga menawarkan potensi investasi di bidang pelayanan kesehatan. Dijelaskan, rumah sakit yang paling banyak memiliki ketersediaan tempat tidur di Indonesia salah satunya RS milik Provinsi Jatim. Pemprov Jatim sendiri memiliki 14 RS umum didukung berbagai layanan kesehatan dengan dokter spesialis di berbagai bidang.

“Kami harap digitalisasi sistem layanan kesehatan, pengadaan alkes dan peningkatan layanan kesehatan bisa mendapat perhatian dalam pertemuan ini melalui investasi di bidang kesehatan. Mudah-mudahan ada yang tertarik dan terbangun kerja sama dengan rumah sakit yang ada di Jatim,” ajaknya.

Di hadapan peserta tamu bisnis, Khofifah menyampaikan bahwa penduduk Indonesia sekitar 270 juta, sedangkan penduduk Jatim sebanyak 41,4 juta penduduk. Akan tetapi, ketika berbicara Jatim sama halnya berbicara 20 provinsi lain di Indonesia Timur.

Hal ini ditopang, 27 rute tol laut dari 32 rute di Indonesia start di Pelabuhan Surabaya. Dan hampir 80 persen logistik di 20 provinsi Indonesia Timur disuplai dari Jatim. Selain itu, banyak mahasiswa Indonesia Timur yang kuliah dan bekerja di Jatim. Termasuk training bagi ASN di Indonesia Timur sebagian besar mendapatkan pelatihan manajemen pemerintahan kepemimpinan dari Jatim tepatnya di BPSDM Prov. Jatim.

"Jatim sering disebut sebagai center of gravity. Jadi, terkait rencana perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim secara de jure posisinya di sana, namun secara de facto potensi besarnya ada di Jatim," tegasnya.

Khofifah juga mengungkapkan bahwa Jawa Timur memiliki daya tarik wisata yang sangat diminati dan menjadi tujuan wisata. Terbukti, tahun 2022, sebanyak 200 juta lebih wisatawan Nusantara ke Jatim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)