BI Optimistis Ekonomi Yogyakarta Meningkat

Rabu, 22 Maret 2017 - 22:22 WIB
BI Optimistis Ekonomi Yogyakarta Meningkat
BI Optimistis Ekonomi Yogyakarta Meningkat
A A A
YOGYAKARTA - Bank Indonesia (BI) merasa optimistis dengan kondisi ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama enam bulan ke depan. Optimisme tersebut mendasarkan pada hasil survei konsumen yang mereka lakukan pada Februari.

Dalam survei tersebut mengindikasikan optimisme masyarakat Yogyakarta. Persepsi konsumen terhadap ekonomi DIY saat ini lebih baik dari bulan sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari peningkatan indeks kondisi ekonomi saat ini (IKE) pada Februari 2017 tercatat 122,00 atau meningkat 9,50 dari bulan sebelumnya. BI melihat peningkatan tersebut terutama terlihat dari membaiknya ketersediaan lapangan kerja.

Kepala Perwakilan BI Yogyakarta, Budi Hanoto mengatakan, terbukanya kesempatan kerja yang lebih baik disinyalir sejalan dengan semakin membaiknya perekonomian nasional dan global yang kemudian mendorong aktivitas ekonomi di sektor utama DIY.

Dia menuturkan, sektor pariwisata dan perdagangan terlihat mulai menggeliat lagi. "Ini berita baik baik DIY," ucapnya.

Menurutnya, seiring membaiknya persepsi konsumen, penghasilan konsumen saat ini juga mengalami peningkatan. Hal ini mendorong ketepatan waktu pembelian konsumen daam barang tahan lama seperti barang elektronik dan kendaraan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3666 seconds (0.1#10.140)