Kapal Pembangkit Listrik di Ambon Segera Beroperasi

Kamis, 23 Maret 2017 - 18:35 WIB
Kapal Pembangkit Listrik di Ambon Segera Beroperasi
Kapal Pembangkit Listrik di Ambon Segera Beroperasi
A A A
AMBON - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) segera mengoperasikan kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) berkapasitas 120 megawatt (MW) di Ambon, Maluku. Rencananya pembangkit tersebut mulai beroperasi akhir bulan ini.

"Dengan datangnya kapal pembagkit ini menjawab kebutuhan kebutuhan listrik masa depan di Maluku. Pembangkit ini akan meningkatkan pelayanan dan pasokan kelistrikan di Maluku," ujar Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua Haryanto WS saat uji coba MVPP, di Ambon, Maluku, Kamis (23/3/2017).

Menurut dia, kapal pembangkit tersebut telah tiba di Pulau Ambon sejak Rabu (15/3). PLN menyewa selama lima tahun dari PT Karpowership Indonesia bersamaan dengan empat kapal lainnya untuk memasok kebutuhan listrik di Amurang, Lombok, Medan, dan Kupang.

"Total dari lima MVPP tersebut mencapai 540 MW untuk memasok kebutuhan listrik di lima wilayah tersebut. Saat ini baru tiga MVPP yang di sewa PLN Amurang, Kupang dan Ambon, selanjutnya menyusul," kata dia.

Dia melanjutkan sewa kapal pembangkit bukan solusi permanen untuk meningkatkan sistem kelistrikan di Ambon. Namun hal tersebut merupakan solusi temporer, dimana saat ini PLN sedang membangun proyek-proyek kelistrikan di Maluku. Seperti pembangunan PLTP Tulehu berkapasitas 2 x 10 MW, PLTMG Ambon Peaker berkapasitas 30 MW serta pembangkit listrik berbahan bakar minyak dan gas 120 MW yang rencananya akan beroperasi pada 2018.

Seperti diketahui, saat ini daya mampu sistem kelistrikan di Ambon mencapai 61,2 MW dengan beban puncak mencapai 58,04 MW. Dengan adanya tambahan daya dari MVPP sebesar 60 MW dari total kapasitas 120 MW, dipastikan pasokan kelistrikan di Ambon akan semakin handal.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6695 seconds (0.1#10.140)