Pimpin The 23rd AECC Meeting, Menko Airlangga: Kita Harus Terus Meningkatkan Kerja Sama

Minggu, 03 September 2023 - 18:15 WIB
loading...
Pimpin The 23rd AECC Meeting, Menko Airlangga: Kita Harus Terus Meningkatkan Kerja Sama
Menko Airlangga Hartarto pimpin 23rd ASEAN Economic Community Council (AECC) Meeting. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin rangkaian The 23rd ASEAN Economic Community Council (AECC) Meeting di Jakarta, yang terdiri dari retrerat dan plenary session pada hari ini (3/9/2023).



Pertemuan tersebut merupakan persiapan untuk pembahasan KTT ke-43 ASEAN yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi pada 5-7 September 2023 mendatang, khususnya terkait isu-isu di bidang ekonomi. Dalam retreat session, para menteri membahas kondisi ekonomi terkini yang sangat dinamis.

Meskipun perekonomian kawasan sudah pulih melampaui situasi pra-pandemi dengan total PDB USD3,6 triliun di tahun 2022, proyeksi perekonomian global ke depan mengindikasikan perlemahan dan ketidakpastian pertumbuhan. Pelemahan tersebut memberikan tantangan terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan.

”Kita harus terus meningkatkan kerja sama dan integrasi ekonomi kawasan dalam rangka penguatan arsitektur perdagangan dan rantai pasok regional. Membuat pilihan kebijakan untuk meningkatkan daya saing, ketahanan, dan reformasi struktural yang didorong oleh keberlanjutan, digitalisasi dan perubahan demografis, serta menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan regional dan mesin pertumbuhan global, sebagai tujuan utama investasi, dan pusat produksi global yang berdaya saing dan tepercaya,” tegas Airlangga.

Para Menteri menginstruksikan seluruh elemen badan sektoral terkait untuk segera menyusun workplan untuk mendukung pencapaian Visi ASEAN 2045. ”Tugas selanjutnya adalah menyusun rencana strategis MEA pasca-2025,” pungkas Airlangga.



Turut hadir mendampingi Menko Airlangga dalam agenda tersebut antara lain Sekretaris Kemenko Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam Kemenko Perekonomian, Juru Bicara Kemenko Perekonomian, Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional Kemenko Perekonomian.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)