Tips MotionPay: 4 Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Polusi Udara

Senin, 04 September 2023 - 12:26 WIB
loading...
Tips MotionPay: 4 Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Polusi Udara
Saat ini kualitas udara di Jakarta sedang menjadi sorotan, berikut ini 4 tips yang telah dirangkum oleh MotionPay untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Saat ini, kualitas udara di Jakarta sedang menjadi sorotan karena berada dalam kondisi yang kurang baik akibat polusi udara yang mengandung zat beracun atau Particulate Matter (PM) 2.5, sehingga membahayakan bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak faktor, namun sebagian besar disebabkan oleh asap kendaraan bermotor dan industri.

“Kualitas udara merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi tubuh manusia. Udara yang mengandung polusi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti gangguan pernapasan, infeksi bakteri, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu waspada dan lebih memperhatikan gaya hidup agar terhindar dari dampak polusi," ujar Managing Director Motion Technology, Jessica Tanoesoedibjo.



Berikut ini 4 tips yang telah dirangkum oleh MotionPay untuk menjaga kesehatan tubuh Anda di tengah polusi udara, antara lain:

1. Lakukan Pengecekan Udara

Salah satu cara mengetahui kualitas udara di sekitar Anda yaitu dengan menggunakan alat pemantau udara atau melalui situs/aplikasi yang dapat mendeteksi kualitas udara. Sebagai referensi, Indeks Kualitas Udara (IKU) dinyatakan dengan skor, yaitu Baik 0-50 (hijau), Sedang 51-100 (kuning), Tidak Sehat Bagi Kelompok Sensitif 101-150 (oranye), Tidak Sehat 151-200 (merah), Sangat Tidak Sehat 201-300 (ungu), dan Berbahaya 301+ (ungu tua).

2. Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan dan Gunakan Masker

Untuk mengurangi terkena polusi udara, Anda dapat mengurangi/membatasi aktivitas di luar ruangan. Namun, jika Anda memiliki aktivitas di luar ruangan, maka Anda bisa menggunakan masker untuk melindungi Anda dari paparan polusi.

3. Tutup Jendela/Pintu dan Gunakan Penyaring Udara

Cara lain yang dapat Anda lakukan yaitu menutup jendela/pintu untuk mengurangi polusi yang masuk ke tempat tinggal Anda, terutama hunian yang berada di lokasi dengan risiko polusi tinggi, seperti di kawasan industri, dekat dengan jalan raya, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat penyaring udara (air purifier) untuk menetralisir polusi udara di dalam ruangan.

4. Menjaga Gaya Hidup Sehat dan Lingkungan

Selain memperhatikan kondisi udara, Anda juga perlu memperhatikan gaya hidup serta kondisi lingkungan di sekitar Anda. Lakukan pola hidup sehat, seperti makan makanan yang bersih dan bergizi, rajin berolahraga, minum air putih yang cukup, dan lain-lain. Selain itu, perhatikan pula kondisi lingkungan sekitar agar tetap bersih dan terjaga.



Selain melakukan empat upaya tersebut, Anda juga dapat melindungi diri Anda dan keluarga, salah satunya dengan BPJS Kesehatan. Agar BPJS Kesehatan Anda selalu aktif, Anda bisa membayar tagihan secara rutin melalui aplikasi MotionPay. Download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motionpay .

MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik (e-money, e-wallet, dan digital remittance).

#LifeInMotion #MovingForward with #MotionPay #MNCFinancialServices #DompetDigital #E-Wallet #BPJSKesehatan
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)