7 Organisasi Internasional yang Akan Hadir di KTT ASEAN Jakarta 2023, Ada PBB hingga IMF

Senin, 04 September 2023 - 15:49 WIB
loading...
7 Organisasi Internasional yang Akan Hadir di KTT ASEAN Jakarta 2023, Ada PBB hingga IMF
Sejumlah organisasi internasional akan hadir pada KTT ASEAN ke-43 Jakarta 2023. Foto/Dok. BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - KTT ASEAN ke-43 Jakarta 2023 dijadwalkan berlangsung pada 5-7 September 2023. Pada acara ini, ada sejumlah organisasi internasional yang turut mendapat undangan.

Mengutip laman Indonesia.go.id, Presiden Joko Widodo (Jokowi) nantinya bakal melakukan 25 pertemuan selama KTT ke-43 ASEAN berlangsung. Tak hanya negara anggota atau mitra saja, agenda ini juga bakal dihadiri sejumlah perwakilan organisasi internasional.

Berikut sejumlah organisasi internasional yang bakal hadir di KTT ASEAN Jakarta 2023.

Organisasi Internasional yang Bakal Hadir di KTT ASEAN ke-43 Jakarta 2023


1. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)


Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjadi salah satu organisasi internasional yang diundang untuk hadir ke KTT ke-43 ASEAN 2023. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi juga telah mengonfirmasi kedatangan perwakilan PBB.

Bersama sejumlah organisasi dunia lain, perwakilan PBB akan turut hadir di KTT ke-43 ASEAN. Untuk perwakilannya sendiri, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Antonio Guterres.

2. Bank Dunia


Berikutnya ada World Bank. Lembaga keuangan internasional itu memiliki kedudukan dan pengaruh yang cukup besar bagi negara-negara di dunia.



Sebagaimana Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Bank Dunia juga mendapat undangan untuk menghadiri KTT ke-43 ASEAN 2023. Kehadirannya pun telah dikonfirmasi Retno Marsudi selaku Menlu RI.

3. International Monetary Fund (IMF)


International Monetary Fund (IMF) adalah organisasi dunia yang bertugas menjaga sistem moneter internasional. Saat ini, mereka tercatat hampir memiliki 200 negara anggota.

International Monetary Fund (IMF) menjadi salah satu organisasi internasional yang bakal hadir di KTT ASEAN 2023. Namun, belum diketahui secara pasti siapa perwakilan yang bakal datang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)