Gelar Literasi Keuangan, MNC Bank Bagikan Tips Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Selasa, 05 September 2023 - 17:18 WIB
loading...
Gelar Literasi Keuangan, MNC Bank Bagikan Tips Manajemen Keuangan Rumah Tangga
MNC Bank menggelat kegiatan literasi keuangan secara virtual bertajuk Membangun Stabilitas Ekonomi Rumah Tangga Melalui Literasi Keuangan pada Selasa (5/9/2023). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT), kembali menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan kepada nasabah dan masyarakat umum yang dikemas secara virtual bertajuk "Membangun Stabilitas Ekonomi Rumah Tangga Melalui Literasi Keuangan" pada Selasa (5/9/2023).

"Kami di MNC Bank percaya bahwa untuk membangun stabilitas ekonomi rumah tangga yang kuat, pemahaman literasi keuangan adalah kunci meraih stabilitas finansial yang baik. Melalui kegiatan ini, kami berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia meraih pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mengelola keuangan keluarga, baik ini dari sisi pemasukan maupun pengeluaran dengan bijak. Kami juga membagikan tips dan strategi yang dapat membantu setiap rumah tangga mencapai tujuan keuangan mereka," ujar Corporate Secretary MNC Bank, Heru Sulistiadhi.



Heru menuturkan, Kegiatan literasi keuangan tersebut memberikan peserta kesempatan untuk memahami konsep dasar keuangan dan manajemen anggaran keluarga yang baik. Dalam suasana yang ramah dan interaktif, para peserta mendapatkan wawasan tentang manfaat literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan rumah tangga, antara lain :

1. Manajemen Anggaran yang Lebih Baik
Literasi keuangan membantu keluarga mengelola anggaran dengan bijak, seperti monitoring pengeluaran dan pemasukan, serta memprioritaskan pengeluaran yang penting. Keluarga yang memiliki literasi keuangan yang baik juga cenderung memiliki anggaran yang seimbang dan terkendali.

2. Perencanaan Keuangan
Literasi keuangan membantu keluarga merencanakan keuangan mereka secara lebih efektif. Dengan pemahaman yang baik tentang pendapatan, pengeluaran, dan tujuan keuangan jangka pendek dan panjang, keluarga dapat membuat rencana keuangan yang lebih baik untuk masa depan mereka.

3. Efisiensi
Pemahaman tentang investasi, tabungan, dan instrumen keuangan lainnya membantu keluarga mengoptimalkan efisiensi/penghematan mereka. Mereka dapat memilih opsi investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan mereka, seperti pensiun atau pendidikan anak-anak.

4. Pengelolaan Hutang
Literasi keuangan membantu keluarga memahami konsep Hutang dan bagaimana mengelolanya dengan baik. Mereka dapat membuat keputusan yang lebih bijak tentang pengambilan utang dan mengembalikannya sesuai dengan rencana.

5. Pengambilan Keputusan Keuangan
Pemahaman literasi keuangan membekali anggota keluarga dengan pengetahuan untuk membuat keputusan keuangan yang bijak. Ini termasuk keputusan tentang pembelian besar, pinjaman, investasi, dan asuransi. Keputusan yang lebih baik dapat mencegah kesalahan keuangan yang serius.

Kegiatan literasi keuangan ini tidak hanya mencakup pemahaman tentang perencanaan keuangan dan manajemen anggaran, tetapi juga akan membahas topik-topik seperti investasi, tabungan, dan manajemen utang. Para ahli keuangan akan memberikan presentasi yang informatif dan praktis, serta menjawab pertanyaan peserta dalam sesi tanya jawab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)