TIP On 2023, Ajang Kolaborasi Inovasi tentang Teknologi Masa Depan

Selasa, 05 September 2023 - 12:48 WIB
loading...
TIP On 2023, Ajang Kolaborasi Inovasi tentang Teknologi Masa Depan
Bahwa acara Acara Telecom Infra Project (TIP) On 2023 mempromosikan evolusi, inovasi, dan kolaborasi antara praktisi industri telekomunikasi untuk membantu membentuk masa depan dunia telekomunikasi dalam kehidupan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Universitas Telkom kembali menggelar Acara Telecom Infra Project (TIP) On 2023. Acara tahunan ini diselenggarakan oleh Telecom Infra Project Community Lab Universitas Telkom (TIP CL Tel-U) sebagai forum pertemuan untuk pemerintah, industri , akademisi, dan asosiasi guna melakukan kolaborasi, pertukaran bisnis, alat promosi, serta berbagi pengetahuan dengan para ahli teknologi.



TIP CL Tel-U didirikan di Universitas Telkom pada tahun 2020 sebagai laboratorium komunitas TIP pertama di Asia Tenggara. TIP Universitas Telkom memiliki beragam kegiatan yang melibatkan berbagai industri dan para ahli teknologi lokal dan global.

Direktur Strategic Partnership and International Office di Universitas Telkom, Lia Yuldinawati mengatakan, bahwa acara tahunan kedua ini merupakan bentuk komitmen Universitas Telkom untuk berperan aktif dalam pengembangan ilmu berbasis teknologi informasi serta sebagai upaya untuk menjembatani kolaborasi dalam ekosistem telekomunikasi di Indonesia.

"Acara ini dihadiri oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, berbagai industri, Operator Jaringan Seluler (MNO), mitra industri global, dan universitas yang membahas evolusi, inovasi, dan kolaborasi industri teknologi. Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan mampu menghasilkan terobosan teknologi global yang dapat memberikan manfaat ekonomi dan ilmiah," ujarnya.



Lia juga mengatakan, bahwa acara ini mempromosikan evolusi, inovasi, dan kolaborasi antara praktisi industri telekomunikasi untuk membantu membentuk masa depan dunia telekomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

"Acara TIP ON 2023 memamerkan keunggulan dan aplikasi teknologi terbaru di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Kegiatan ini juga diikuti oleh orang-orang dari berbagai latar belakang, mulai dari operator telekomunikasi hingga anggota komunitas TIP dari seluruh dunia, termasuk semua pemangku kepentingan Universitas Telkom," jelas Lia.

Pada kesempatan ini, USTDA (U.S. Trade and Development Agency) secara khusus menghadiri acara tersebut untuk menyampaikan kerjasama dengan Universitas Telkom dan TIP dalam percepatan konektivitas di area 3T. Sebagai dukungan untuk program percepatan konektivitas, Universitas Telkom dan TIP telah bekerja sama dengan Mitratel dalam menjalankan program uji coba RAN Sharing.

"Ini adalah tonggak penting bagi Universitas Telkom dalam membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mempercepat konektivitas secara merata di seluruh Indonesia. Misi kami adalah menempatkan Indonesia sebagai pemimpin teknologi dan inovasi global. Kami berharap bahwa kolaborasi ini akan memperluas potensi Indonesia untuk memainkan peran penting dalam kemajuan teknologi dan inovasi di dunia global," ungkap Rektor Universitas Telkom, Prof. Adiwijaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)