Wall Street Ditutup Melemah Imbas Kenaikan Hasil Treasury

Rabu, 06 September 2023 - 07:24 WIB
loading...
Wall Street Ditutup Melemah Imbas Kenaikan Hasil Treasury
Wall Street ditutup lebih rendah pada perdagangan Selasa (5/9/2023). FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Tiga indeks utama Wall Street ditutup lebih rendah pada perdagangan Selasa (5/9/2023) waktu setempat dengan indeks Dow Jones memimpin penurunan. Hal itu karena imbal hasil treasury meningkat seiring dengan harga minyak dan investor menilai prospek jalur suku bunga Federal Reserve.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 195,74 poin, atau 0,56%, menjadi 34.641,97, S&P 500 (.SPX) kehilangan 18,94 poin, atau 0,42%, pada 4.496,83 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 10,86 poin, atau 0,08% menjadi 14.020,95.



Meskipun ketiga indeks saham utama AS telah mencatat kenaikan pada minggu sebelumnya di tengah harapan bagi The Fed yang tidak terlalu hawkish, sentimen tersebut telah memudar pada hari Senin. Imbal hasil Treasury AS naik setelah data ekonomi menunjukkan ketahanan dan Gubernur Fed Christopher Waller mengatakan hal ini menunjukkan bahwa bank sentral tidak perlu mengubah suku bunga dalam waktu dekat.

"Salah satu alasan mengapa saham kesulitan untuk mencapai kemajuan adalah karena suku bunga terus meningkat dan memberikan alternatif yang baik terhadap saham," kata Paul Nolte, ahli strategi pasar, Murphy & Sylvest Wealth Management, Elmhurst, Illinois.

Dengan menguatnya harga minyak mentah AS pada hari Selasa, Nolte juga menyebutkan penguatan harga minyak baru-baru ini sebagai penghambat upaya The Fed untuk mendorong inflasi kembali ke 2%.

"Semua orang mengharapkan The Fed untuk mundur atau mulai menurunkan suku bunganya. Itu mungkin tidak terjadi," katanya.

Pertaruhan para pedagang bahwa Fed akan membiarkan suku bunga tidak berubah pada pertemuan kebijakan bulan September mencapai 93%, sementara mereka memperhitungkan peluang sekitar 54% untuk jeda pada bulan November, alat FedWatch dari CME Group menunjukkan.

Seiring dengan volume perdagangan yang relatif ringan sehari setelah libur Hari Buruh pada hari Senin, Sam Stovall, kepala strategi investasi di CFRA Research, juga mencatat bahwa The Fed harus melihat data yang akan datang seperti pembacaan inflasi bulan Agustus sebelum membuat keputusan suku bunga akhir bulan ini.

“Pasar tidak yakin ke arah mana mereka ingin berbalik,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)