PLTGU Cilegon Jadi Andalan Sistem Kelistrikan Jawa dan Bali

Kamis, 06 April 2017 - 22:04 WIB
PLTGU Cilegon Jadi Andalan Sistem Kelistrikan Jawa dan Bali
PLTGU Cilegon Jadi Andalan Sistem Kelistrikan Jawa dan Bali
A A A
CILEGON - General Manager ‎Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Cilegon, Zuhdi Rakhmanto menyatakan bahwa PLTGU Cilegon menjadi salah satu pembangkit andalan untuk sistem kelistrikan untuk wilayah Jawa dan Bali. Pembangkit ini dioperasikan oleh anak usaha PT PLN (Persero), yakni PT Indonesia Power.

Dia menyebutkan, pembangkit tersebut saat ini mampu memproduksi listrik sekitar 665 megawatt (MW). Menurutnya, kapasitas terpasang dari pembangkit tersebut sejatinya sekitar 740 MW, namun karena menyesuaikan kebutuhan listrik maka produksinya pun sekitar 665 MW.

‎"Listrik yang kami hasilkan sekarang sekitar 660-665 MW," katanya di PLTGU Cilegon, Banten, Kamis (6/4/2017). Baca: Indonesia Power Khawatir Pasokan Gas ke PLTGU Cilegon Terhenti

Dia menjelaskan, konsumen utama dari pembangkit tersebut adalah industri yang berada di kawasan banten. Listrik disalurkan melalui transmisi berukuran 150 kilovolt (kV) dan masuk dalam sistem kelistrikan ‎Jawa dan Bali.

"Listrik disalurkan jalur transmisi 150 kV terhubung ke sistem kelistrikan Jawa Bali. Listrik yang kami produksi utamanya dinikmati industri Banten," imbuh dia.

Pembangkit ini, sambung dia, merupakan satu-satunya pembangkit di kawasan Banten yang berbahan baku gas. Pasalnya, di wilayah tersebut mayoritas menggunakan batubara sebagai bahan bakar.‎

"PLTGU ini satu-satunya yang menggunakan gas, jadi ada beberapa pembangkit yang dikelola Indonesia Power, PLTU Lontar, PLTU Suralaya," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3817 seconds (0.1#10.140)