Bicara soal Krisis Iklim di Hadapan Luhut, Menperin China: Kami Pencetus dan Pencipta Ramah Lingkungan

Kamis, 07 September 2023 - 23:04 WIB
loading...
Bicara soal Krisis Iklim di Hadapan Luhut, Menperin China: Kami Pencetus dan Pencipta Ramah Lingkungan
Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi China Jin Zhuanglong. Foto/Xinhua
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi China Jin Zhuanglong memastikan, pihaknya terus memperdalam kerja sama dengan Pemerintah Indonesia. Kolaborasi itu untuk mengatasi persoalan krisis iklim saat ini.



"China dan Indonesia menjaga keberlangsungan kerja sama. China memperdalam kerja sama dengan Indonesia, yang terus bersinergi untuk menghadapi krisis dengan cara yang baik dengan menciptakan masa depan yang lebih baik," ujar Jin Zhuanglong saat Gala Dinner Indonesia Sustainability Forum 2023 di Park Hyatt Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Dia memandang pembahasan perubahan iklim dan energi baru dan terbarukan sangat relevan dengan kondisi riil. Menurunnya, pertumbuhan ekonomi tidak harus merusak lingkungan, negara bisa menjaga kapitalisasinya, tapi tidak membuat lingkunganya terancam.

Jin Zhuanglong mengklaim China menjadi pencetus dan pencipta filosofi ramah lingkungan, sehingga konsep dan sudut pandang tersebut dapat diikuti negara lainnya. China dipandang berhasil mengatasi masalah iklim saat ini, bahkan perkara tersebut diatasi sampai ke akar-akarnya.

"China telah menangani masalah ini sampai akarnya, ide pegunungan yang hijau agar makhluk hidup di sana tetap berlangsung, penduduk China sudah mendapat manfaat ini," tutur Jin Zhuanglong.

"China menjadi pencetus dan pencipta ramah lingkungan. Kami ingin menjadi bumi ini lebih bersih, dalam hal adaptasi iklim kami menjaga pertumbuhan ekonomi yang maju serta menjaga margin pasar, namun harus menjaga lingkungan," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping, menilai Indonesia menjadi mitra strategis untuk mengatasi berbagai persoalan akibat krisis iklim saat ini. Dia memastikan China-Indonesia terus mendorong kemajuan industri kendaraan listrik.

Pernyataan Xi Jinping disampaikan oleh Direktur Jenderal Equipment Industries Of MIIT, Xu Chunrong, saat gelaran Indonesia Sustainability Forum 2023.

"Presiden Xi Jinping juga mengatakan perjalan ke modernisasi, peremajaan yang dilakukan China juga dilakukan Indonesia. Kami akan bersama-sama dengan Indonesia mendorong kemajuan industri kendaraan listrik," ujar Xu Chunrong.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)