Profil Kristalina Georgieva, Mantan CEO Bank Dunia yang Jadi Direktur IMF

Selasa, 12 September 2023 - 11:21 WIB
loading...
Profil Kristalina Georgieva, Mantan CEO Bank Dunia yang Jadi Direktur IMF
Profil Kristalina Georgieva. Foto/Instagram @kristalina.georgieva
A A A
JAKARTA - Kristalina Georgieva adalah salah satu tokoh ekonomi dunia yang saat ini punya kedudukan penting di IMF. Dia juga merupakan mantan kepala eksekutif Bank Dunia.

Menilik pengalamannya yang telah lama berkecimpung di Bank Dunia tentu bukan keputusan yang sulit untuk menjadikan Kristalina Georgieva sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF). Berikut profil singkat Kristalina Georgieva.

Profil Kristalina Georgieva


Kristalina Georgieva lahir di ibu kota Bulgaria, Sofia pada 13 August 1953. Kepiawaiannya dalam birokrasi tak lepas dari didikan keluarganya. Sang ayah merupakan insinyur sipil yang mengawasi proyek pembangunan negara, sementara kakeknya adalah sosok revolusioner Bulgaria terkemuka, Ivan Karshovski.



Georgieva meraih gelar PhD di bidang Ekonomi dan MA di bidang Ekonomi Politik dan Sosiologi dari Karl Marx Higher Institute of Economics, yang sekarang universitas itu bernama University of National and World Economy.

Cucu dari tokoh revolusioner ini memulai kariernya di Grup Bank Dunia pada tahun 1993 sebagai ekonom lingkungan untuk Eropa dan Asia Tengah.

Dilansir dari laman resmi IMF, Georgieva juga pernah membentuk agenda Uni Eropa saat menjabat sebagai Wakil Presiden Komisi Eropa untuk Anggaran dan Sumber Daya Manusia.

Dalam kapasitasnya itu, dia mengawasi anggaran UE sebesar €161 miliar (USD175 miliar) dan 33.000 staf, serta respons UE terhadap krisis utang Kawasan Euro dan krisis pengungsi pada tahun 2015.



Sebelum akhirnya dia menjabat sebagai Komisaris Kerja Sama Internasional, Bantuan Kemanusiaan dan Respons Krisis, yang mengelola salah satu anggaran bantuan kemanusiaan terbesar di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)