Konstruksi MRT Fase 2 Sudah Capai 65%, Terowongan HI Menuju Harmoni Berhasil Ditembus

Selasa, 12 September 2023 - 16:35 WIB
loading...
Konstruksi MRT Fase 2 Sudah Capai 65%, Terowongan HI Menuju Harmoni Berhasil Ditembus
Progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Bundaran HI - Kota dilaporkan sudah mencapai 65%. Adapun saat ini terowongan menuju Harmoni sudah berhasil ditembus. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Bundaran HI - Kota dilaporkan sudah mencapai 65%. Adapun saat ini terowongan menuju Harmoni sudah berhasil ditembus.

"Kami meneruskan pembangunan ke arah Utara Jakarta dari Bundaran Hotel Indonesia ini menuju kota, sampai dengan Harmoni lebih dari 65%. Kita sudah target dan terowongan sudah tersambung menuju Harmoni," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta , Tuhiyat di Stasiun MRT Bundaran HI, Selasa (12/9/2023).



Proyek pembangunan MRT Fase 2A, dilakukan sepanjang jalan MH Thamrin yang bakal menembus jalan Medan Merdeka Barat menuju ke arah Stasiun Kota.

Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pertama fase 2A yang meliputi jalur utama sepanjang sekitar 5,8 kilometer dengan enam stasiun bawah tanah (Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok) dan satu stasiun at grade (Kota).

Paket kontrak pembangunan jalur utama tersebut terdiri dari CP201 (dua terowongan dari Bundaran HI-Harmoni, Stasiun Thamrin, dan Stasiun Monas), CP202+CP 205A (Stasiun Harmoni, dua terowongan hingga Stasiun Sawah Besar, Stasiun Sawah Besar, dua terowongan hingga Stasiun Mangga Besar, Stasiun Mangga Besar, dan sistem perkeretaapian (railway systems) serta rel (trackwork).

Selain itu juga dibangun CP203+CP205B (dua terowongan hingga Stasiun Glodok, Stasiun Glodok, dua terowongan hingga Stasiun Kota, Stasiun Kota, dan sistem perkeretaapian serta rel). Dalam fase 2A ini juga dilakukan penyediaan CP 206 kereta (rolling stock).

Pada kesempatan tersebut, Tuhiyat juga menjelaskan, setelah rampung pengerjaan MRT Fase 2, maka pembangunan bakal dilanjutkan hingga Ancol, Jakarta Utara. Ditargetkan pembangunan MRT hingga ke Ancol itu bakal mulai dikerjakan pada tahun 2024 mendatang.

Hal itu selaras dengan pengerjaan jalur MRT yang membentang dari Timur ke Barat, yang bakal mulai dilakukan groundbreaking pada bulan Agustus 2024 mendatang."Kemudian kita akan lanjutkan ke arah Ancol. Depo kita di Utara dan pada tahun depan Insya Allah juga paralel kita akan membangun Timur - Barat," pungkas Tuhiyat.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)