Erick Thohir Beberkan Rencana Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Tembus Surabaya

Kamis, 14 September 2023 - 15:39 WIB
loading...
Erick Thohir Beberkan Rencana Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Tembus Surabaya
Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan rencana proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilanjutkan sampai Surabaya. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana membangun rute kereta cepat hingga tembus ke Surabaya , Jawa Timur (Jatim). Saat ini, rute kereta cepat yang sudah selesai dibangun dan akan digunakan pada awal Oktober 2023 adalah Jakarta-Bandung.

Mengenai pembangunan rute ke Surabaya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan bahwa pemerintah sedang dalam kajian.

"Kemarin sedang hitung ulang, untuk lebih efisiensi lagi bisa juga didorong sampai Surabaya. Tapi kan ini masih dikalkulasi," ujar Erick saat ditemui di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Kamis (14/9/2023).



Indonesia memang mencatat sejarah baru di sektor transportasi publik, di mana Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebagai mega proyek pemerintah akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 1 Oktober mendatang.

Menurutnya, keberadaan kereta cepat akan membawa Indonesia menjadi negara maju. Pasalnya, moda transportasi tersebut menjadi kebutuhan mendasar negara-negara maju di dunia.

"Disampaikan Presiden bahwa 1 Oktober diharapkan masyarakat bisa mulai mencoba kenikmatan, kecepatan dan juga sesuatu yang memang membuktikan Indonesia menjadi negara maju ketika kereta api cepatnya kita memiliki sekarang," ucapnya.

Dia mencontohkan Prancis, Italia, Inggris, dan China. Bahkan, kawasan China sudah mempunyai 26.000 kilometer (km) rute kereta cepat.

"Kalau negara-negara maju seperti Prancis, Italia, Inggris, China apalagi sudah mempunyai sampai 26.0000 km, kalau kita mau maju ya kita harus bisa. Tapi tentu dengan hitungan yang baik bukan hanya euforia punya kereta api cepat," tutur dia.



Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan potensi kerja sama dengan China untuk kembali terlibat dalam proyek perpanjangan kereta cepat hingga ke Surabaya. China dinilai memiliki portofolio luar biasa dalam mengembangkan kereta cepat. Hal itu dikatakan Luhut usai menemani Perdana Menteri (PM) China Li Qiang saat mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (6/9/2023) kemarin.

"Seperti yang berkali-kali kami sampaikan, Presiden (Jokowi) kan mengarahkan untuk ada studi sampai ke Surabaya, dan mereka (China) sangat senang kalau mereka juga bisa terlibat, nanti coba kita lihat ke sana (kerja sama)," kata Luhut di Stasiun Halim, Jakarta Timur.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)