Buka Peluang Usaha, Ganjar Milenial Latih Penyandang Disabilitas Menjahit

Minggu, 17 September 2023 - 09:30 WIB
loading...
Buka Peluang Usaha, Ganjar Milenial Latih Penyandang Disabilitas Menjahit
Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) melaksanakan program pelatihan menjahit bagi penyandang disabilitas Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumut, Sabtu (16/9/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) terus memperluas kegiatan positif di tengah masyarakat. Kali ini, Ganjar Milenial Center Sumatera Utara Wilayah Kabupaten Asahan menggelar pelatihan menjahit untuk penyandang disabilitas.

Kegiatan pelatihan Ganjar Milenial Center Wilayah Kabupaten Asahan tersebut diadakan bekerja sama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bina Putri beserta instruktur pelatih menjahit di Kelurahan Kisaran Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan.

"Hari ini kami mengadakan kegiatan pelatihan menjahit untuk penyandang disabilitas. Kami sudah studi kasus dalam beberapa bulan ini, maka kami hari ini melaksanakannya. Memang hari ini karena penyandang disabilitas agak kurang diperhatikan," ujar Syafrizal Ritonga selaku Koordinator Ganjar Milenial Center Kabupaten Asahan, Sabtu (16/9/2023).



Syafrizal mengatakan, sukarelawan Ganjar Milenial Center menggelar pelatihan menjahit yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas lantaran kurangnya perhatian terhadap mereka.

Menurut Syafrizal, pihaknya ingin memberikan perhatian dan kepeduliannya kepada para penyandang disabilitas agar mereka memiliki aksesibilitas dan kesetaraan yang sama.

"Memang berarti mereka memiliki kekurangan, namun mereka berkarya ke depannya. Artinya dari pelatihan ini kami berharap mereka mampu mengikuti dengan baik serta mendapatkan ilmu ke depannya," kata Syafrizal.

Selain untuk memberdayakan para penyandang disabilitas agar memiliki kesetaraan, kegiatan tersebut juga diadakan untuk mengungkit UMKM yang dihasilkan dari tangan para penyandang disabilitas.

Khusus di Kabupaten Asahan, pendukung Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo itu menargetkan para penyandang disabilitas bisa menciptakan produk-produk seperti sapu tangan berbahan kain katun, hingga pakaian.

Dengan banyaknya produk yang dihasilkan dari para penyandang disabilitas, Syafrizal berharap semakin banyak pelaku usaha lokal yang terpacu untuk menumbuhkan perekonomian daerah. "Harapan kami kegiatan ini bisa melahirkan karir-karir atau disabilitas ini memiliki karya untuk UMKM kita," ucap Syafrizal.



Adapun kegiatan Ganjar Milenial Center itu terinspirasi dan termotivasi dari figur yang mereka dukung di Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah periode 2013-2018 dan 2018-2023. Ganjar selalu mencurahkan perhatian dan kepeduliannya kepada kalangan termarjinalkan, termasuk penyandang disabilitas agar memiliki kesetaraan.

Contohnya, Ganjar selalu melibatkan penyandang disabilitas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Selain itu, Ganjar juga mewajibkan gedung pemerintahan di Jawa Tengah memiliki akses khusus untuk penyandang disabilitas.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2871 seconds (0.1#10.140)