Bursa Karbon Terbit Pekan Depan, BEI: Kami Belum Dapat Izin OJK

Senin, 18 September 2023 - 22:06 WIB
loading...
Bursa Karbon Terbit Pekan Depan, BEI: Kami Belum Dapat Izin OJK
Bursa Efek Indonesia (BEI) belum mendapat izin dari OJK terkait penyelengaraan bursa karbon. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia ( BEI ) mengakui belum mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penyelengaraan bursa karbon. Pernyataan ini muncul setelah OJK menyatakan bakal segera meluncurkan bursa karbon pada pekan depan.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan pihaknya masih menantikan izin dari OJK. Setelah legalitas diperoleh, maka bursa bakal menerbitkan aturan turunan.

"Kami sudah menyampaikan pengajuan izin. Kapan izin itu dikeluarkan, kami menunggu," kata Jeffrey saat ditemui di Gedung BEI, Senin (18/9/2023).



Terkait peluang penambahan direktorat atau divisi baru dalam bursa, Jeffrey menilai pihaknya belum ada kebutuhan untuk hal tersebut. Baginya, otoritas yang membawahi masih sama mengingat unit karbon yang diperdagangkan.

Apabila ada perubahan struktur organisasi bursa efek untuk memasukkan struktur penyelenggaraan karbon, terang Jeffrey, maka ini akan memerlukan izin baru dari OJK.

"Sudah jelas bahwa dalam POJK 14 tahun 2023 unit karbon adalah efek. Artinya sama dengan efek yang sekarang sudah diselenggarakan bursa. Jadi tidak dalam satu direktorat yang baru," paparnya.

Sebeleumnya, Jeffrey menuturkan bahwa bursa telah menyiapkan 4 skema perdagangan bursa karbon Keempatnya adalah pasar reguler, auction (lelang), negosiasi, dan marketplace. Sebelumnya, keempat mekanisme transaksi itu telah diungkapkan oleh Direktur Utama BEI Iman Rachman dalam sebuah acara.

Pasar reguler merupakan tempat bertemunya penawaran (bid) dan permintaan (ask). Mirip dengan bursa saham, bid dan ask unit karbon membawa pembeli dan penjual dalam antrean pemesanan, yang menantikan terbentuknya harga (matching).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)