Rupiah Keok Lawan Dolar AS, Hari Ini Jatuh ke Rp15.381

Rabu, 20 September 2023 - 16:56 WIB
loading...
Rupiah Keok Lawan Dolar AS, Hari Ini Jatuh ke Rp15.381
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) kembali ditutup melemah pada perdagangan, Rabu (20/9/2023). Kurs rupiah turun tipis 1 poin ke level Rp15.381 per USD. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) kembali ditutup melemah pada perdagangan, Rabu (20/9/2023). Kurs rupiah turun tipis 1 poin ke level Rp15.381 dari penutupan sebelumnya di Rp15.380 per USD.



Pelemahan rupiah juga terlihat pada data JISDOR BI, dimana untuk hari ini bertengger ke level Rp15.396/USD. Raihan tersebut jatuh semakin dalam dari sesi kemarin di posisi Rp15.381 per USD.



Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, indeks dolar telah diperdagangkan dalam kisaran yang ketat akhir-akhir ini, dengan para pedagang menunggu berita dari Federal Reserve ketika para pejabat menyimpulkan pertemuan penetapan kebijakan terbaru di sesi ini.

"Bank sentral AS diperkirakan akan mempertahankan suku bunganya. Namun dengan harga energi yang kembali naik dan data ekonomi yang cenderung menunjukkan perekonomian yang tangguh, Ketua Fed Jerome Powell kemungkinan akan tetap membuka opsi kenaikan suku bunga lagi sebelum akhir tahun," tulis Ibrahim dalam risetnya, Rabu (20/9/2023).

Inflasi Inggris secara tak terduga turun pada bulan Agustus, meningkatkan kemungkinan bahwa Bank of England akan menunda siklus kenaikan suku bunga yang berkepanjangan dalam waktu dekat. Angka utama CPI turun menjadi 6,7% pada bulan Agustus, dari 6,8% pada bulan Juli, bertentangan dengan ekspektasi kenaikan menjadi 7,0%, didorong oleh penurunan harga hotel dan tarif penerbangan, dan kenaikan harga pangan kurang dari pada waktu yang sama tahun lalu. tahun.

BOE akan melakukan pertemuan pada hari Kamis, dan diperkirakan akan kembali menaikkan suku bunga, mengingat inflasi masih jauh di atas target jangka menengah sebesar 2%. Namun dengan melemahnya perekonomian Inggris, hal ini bisa menjadi yang terakhir dalam siklus pengetatan saat ini.

Bank Sentral Eropa (ECB) menaikkan suku bunga lagi pada minggu lalu, karena inflasi masih berada di atas targetnya, namun juga mengisyaratkan bahwa kenaikan pada hari Kamis mungkin merupakan yang terakhir untuk saat ini. Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) mempertahankan suku bunga utama pinjamannya stabil pada rekor terendah.

PBOC juga menetapkan titik tengah harian yuan yang lebih kuat dari perkiraan pada hari Rabu, karena mereka kesulitan menjaga keseimbangan antara mendorong pemulihan ekonomi dan mencegah pelemahan yuan lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)