Melindungi Ribuan Pengemudi Truk, BPJSTK Menegaskan Komitmen ke Pekerja Informal

Kamis, 21 September 2023 - 08:41 WIB
loading...
Melindungi Ribuan Pengemudi Truk, BPJSTK Menegaskan Komitmen ke Pekerja Informal
Perusahaan Seino Indomobil mengikutsertakan seluruh mitra pengemudi truk SIL pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan ( BPJamsostek ) bersinergi dengan PT. Seino Indomobil Logistics (SIL), unit bisnis Indomobil Group, dalam melindungi ribuan mitra supir truk . Perusahaan Seino Indomobil mengikutsertakan seluruh mitra pengemudi truk SIL pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan .



Hal ini juga menjadi bentuk komitmen pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan seluruh pekerja informal memiliki perlindungan atas resiko kecelakaan kerja, kematian, serta hari tua yang sejahtera.

“Sinergi BPJS Ketenagakerjaan dengan PT. Seino Indomobil Logistics menjadi langkah positif untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi mitra driver. Mereka dilindungi dalam skema Program Bukan Penerima Upah (BPU),” ungkap Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Mampang, Muhammad Imam Saputra melalui keterangan resminya, Kamis (21/9/2023).



Melalui program JKK dan JKM, mitra pengemudi SIL mendapatkan beragam manfaat, diantaranya perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh bagi pengemudi yang mengalami kecelakaan saat bekerja, santunan sementara tidak mampu bekerja selama masa pemulihan dan tidak dapat bekerja.

Lalu santunan sebesar 48 kali dari upah apabila pengemudi meninggal dunia karena kecelakaan kerja atau Rp42.000.000 apabila meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja ditambah beasiswa bagi 2 (dua) orang anak sebagai ahli waris dari jenjang pendidikan dasar hingga lulus perguruan tinggi senilai maksimal Rp174.000.000.

Direktur Utama SIL, Andrew Nasuri menambahkan, mitra driver merupakan ujung tombak dari proses distribusi yang berjalan dengan baik. Perseroan selalu memperhatikan kesejahteraan mitra pengemudi terwujud salah satunya dengan BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami berharap dengan adanya kerja sama ini, dan terdaftarnya seluruh mitra pengemudi kami dapat memberikan fasilitas bagi mitra kami kepada jaminan sosial dan menambah semangat bagi para mitra pengemudi untuk bekerja dengan semangat namun dengan tenang dan terlindungi," ujar Andrew.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)