10 Negara dengan Harga Beras Termahal di Dunia, Indonesia Masuk?

Jum'at, 22 September 2023 - 09:45 WIB
loading...
10 Negara dengan Harga Beras Termahal di Dunia, Indonesia Masuk?
Deretan negara dengan harga beras termahal di dunia, Indonesia urutan berapa? Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deretan negara dengan harga beras termahal di dunia menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Dari sekian nama, apakah Indonesia termasuk salah satunya?

Belakangan, harga beras di Indonesia terlihat mengalami kenaikan secara signifikan. Terkait penyebabnya, kenaikan harga ini dipicu faktor internal maupun eksternal.

Dari aspek internal, kenaikan harga beras disebabkan berkurangnya pasokan. Hal ini terjadi karena telah berakhirnya masa panen hingga penurunan produksi akibat dampak kemarau panjang yang dipengaruhi juga oleh El Nino.



Sementara itu, faktor eksternal yang membuat lonjakan harga beras di Tanah Air adalah kenaikan yang juga terjadi di beberapa negara dunia. Saat ini, harga rata-rata beras medium di Indonesia mencapai Rp12.850 per kilogram. Sedangkan untuk beras premium rata-ratanya Rp14.380 per kilogram.

Terlepas dari kondisi melonjaknya harga beras di Indonesia, ternyata sejumlah negara di dunia diketahui memiliki harga beras yang paling mahal. Negara mana sajakah itu?

Negara dengan Harga Beras Termahal di Dunia


Mengutip data Numbeo, Kamis (21/9/2023), Amerika Serikat berada di urutan teratas negara dengan harga beras termahal. Beras putih di negara tersebut mencapai harga Rp70.379 per kilogram.

Angka tersebut menempatkan Amerika Serikat sebagai negara dengan harga beras termahal di dunia, setidaknya untuk saat ini. Di posisi kedua, Korea Selatan mencatatkan harga Rp51.280 per kilogram.



Berikutnya, ada Kanada. Negara di kawasan Amerika Utara ini memiliki harga beras putih mencapai Rp50.834 per kilogram. Kemudian, Swiss dan Jepang menyusul masing-masing di bawahnya dengan harga Rp49.483 dan 48.315 per kilogram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)