Layani Perjalanan Hotel-Bandara, Ini Tarif dan Rute Bus JAConnexion

Jum'at, 26 Mei 2017 - 14:53 WIB
Layani Perjalanan Hotel-Bandara, Ini Tarif dan Rute Bus JAConnexion
Layani Perjalanan Hotel-Bandara, Ini Tarif dan Rute Bus JAConnexion
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan segera meluncurkan transportasi angkutan massal yang akan melayani perjalanan dari hotel dan mall di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ke Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya. Layanan tersebut bernama Jakarta Airport Connexion (JAConnexion).

(Baca Juga: 92 Bus JAConnexion Layani Rute dari Hotel dan Mall ke Bandara Soetta
Kepala BPTJ Elly Andrian Sinaga mengungkapkan, bus JAConnexion akan memudahkan masyarakat baik dari dalam dan luar negeri dengan akses langsung menuju bandara. Saat ini sudah empat operator transportasi yang menyediakan layanan JAConnexion, yakni PT Big Bird Pusaka, Perum Damri, PO Sinar Jaya Megah Langgeng, dan Perum PPD.

"Akan mulai beroperasi (bus JAConnexion) setelah diresmikan pada 30 Mei 2017 oleh Menhub," katanya di kantor BPTJ, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Dia menyebutkan, tarif yang dipatok untuk bus tersebut setiap satu kali perjalanan adalah Rp50.000 untuk bus JAConnexion dari hotel. Sedangkan untuk bus PPD dan Sinar Jaya yang dari mall akan dikenakan tarif Rp25.000 per satu kali perjalanan.

"Tarif memang sudah kita diskusikan dengan para operator. Tarifnya Rp50 ribu dari hotel dan Rp25 ribu dari mall," imbuh dia.

Adapun hotel yang akan tersedia bus JAConnexion untuk saat ini adalah, Hotel Borobudur, Hotel Alila, Hotel Luminor, Hotel Aryaduta, Hotel Sari Pan Pacific, Hotel Grand Cemara, Hotel Ibis Thamrin, Hotel Millenium, Hotel Grand Sahid Jaya, Hotel Asscot, Hotel Amaris Thamrin City, dan Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang.

Sedangkan untuk mall yang dilewati adalah, Mall Grand Indonesia, Mall Taman Anggrek, Plaza Senayan, ITC Cempaka Mas, Mall Kelapa Gading, dan ITC Tanah Abang. Bus akan datang setiap satu jam sekali.

"Jadi kenapa hotel bintang 5. Karena survei membuktikan bahwa hotel bintang 5 banyak orang asing dan malah pada komplain. Kenapa nggak ada transportasi massa yang lebih murah untuk kami. Kalau pakai taksi, walaupun di negara maju justru dihindari orang. Jadi mereka lebih berpikir. Toh pelayanan (JAConnexion) sama dengan taksi," tandasnya.

Berikut rute yang dilewati bus JAConnexion:

PT Big Bird Pusaka (15 kendaraan):
1. BSH - Hotel Borobudur, Hotel Alila, Hotel Luminor
2. BSH - Hotel Aryaduta, Hotel Sari Pan Pacific
3. BSH - Hotel Grand Cemara, Hotel Ibbis Thamrin, Hotel Millenium
4. BSH - Hotel Grand Sahid Jaya, Mall Grand Indonesia, Hotel Asscot

Perum Damri (10 unit):
1. BSH - Hotel Amaris Thamrin City

PO. Sinar Jaya Megah Langgeng (16 unit):
1. BSH - Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang (8 unit microbus)
2. BSH - Bogor Trade Mall (8 unit bus besar)

Perum PPD (50 unit kendaraan):
1. Kawasan Mall Taman Anggrek (10 unit)
Rute: Bandara Soekarno Hatta - Tol Airport Prof Sedyatmo - Jl Prof Dr Ratu Menten - Jl Dr Makaliwe - Jl Letjend S Parman

2. Kawasan Plaa Senayan (10 unit)
Rute: Bandara Soekarno Hatta - Tol Airport Sedyatmo - TOl Dalam Kota - JCC Senayan - Jl Gerbang Pemuda - Jl Asia Afrika

3. Kawasan IT Cempaka Mas (10 unit)
Rute: Bandara Soekarno Hatta - Tol Airport Prof Sedyatmo - Tol Pelabuhan - Tol Ir Wiyoto Wiyono - Cempaka Putih - Jl. Jend Ahmad Yani

4. Kawasan Mall Kelapa Gading (10 unit)
Rute: Bandara Soekarno Hatta - Tol Airport Prof Sedyatmo - Tol Pelabuhan - Tol Cempaka Putih - Jl Perintis Kemerdekaan - Jl Boulevard Utara Kelapa Gading

5. Kawasan ITC Tanah Abang
Rute: Bandara Soekarno Hatta - Tol Airport Prof Sedyatmo - Tol Dalam Kota - Tol Tanah Abang - Jalan Letjend S Parman - Jl Aipda Ks Tubun Raya - Jl Kb Jati
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7896 seconds (0.1#10.140)