Kilang Pertamina Plaju Jadi Winner di Ajang World Petroleum Council Excellence Awards 2023

Minggu, 24 September 2023 - 18:52 WIB
loading...
A A A
Berawal dari adanya beberapa desa di Sumatera Selatan yang belum teraliri listrik selama puluhan tahun, namun terdapat potensi aliran air konsisten dan paparan sinar matahari yang cukup baik. Sehingga, Kilang Pertamina Plaju mengembangkan Desa Energi Berdikari yang tersebar di Sumatera Selatan yang memungkinkan masyarakatnya mendapat suplai energi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebanyak tiga titik dengan total kapasitas 28 kWh, serta Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebanyak tiga titik dengan kapasitas 8,2 kWp berbasis pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Sebelumnya, program Desa Energi Berdikari di Sumatera Selatan ini juga pernah mendapat penghargaan International CSR Excellence Awards 2022 lalu di London, serta pada tahun 2021 telah meraih Runner-Up pada WPC Excellence Award 2021 silam di Houston, Amerika Serikat.

Selain program tersebut, Program Kampung Iklim (Climate Village Program) juga menjadi salah satu Finalis pada WPC Excellence Awards 2023 untuk kategori Social Responsibility, dengan paper berjudul "Empowering Local Heroes Leadership: How Cultural Understanding Can Empower Local Leaders in Climate Change Adaptation and Mitigation Efforts",

Sebagai jawaban atas tantangan perubahan iklim di lingkungan perkotaan. Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim pada masyarakat di sekitar wilayah operasional Kilang Pertamina Plaju melalui pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Program ini berhasil menciptakan aksi yang lebih berkelanjutan dan membuat masyarakat lebih siap dalam menghadapi perubahan iklim.

Dorong Komitmen Bersama
General Manager Kilang Pertamina Plaju Yulianto Triwibowo mengungkapkan, pihaknya berkomitmen penuh untuk terus berkontribusi dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta lingkungan melalui program-program CSR/TJSL yang berkelanjutan.

“Komitmen kami untuk terus menciptakan kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan, diwujudkan dalam berbagai program yang menciptakan kemandirian di masyarakat, serta mewujudkan kesadaran bersama pada energi yang lebih bersih dan aksi mitigasi perubahan iklim yang berkelanjutan,” kata Yulianto.

Lebih lanjut ia mengatakan pencapaian perusahaan dalam menembus penghargaan tingkat global ini diraih dengan dukungan banyak pihak.

“Kami ucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama seluruh stakeholders yang terlibat dari unsur pemerintah, masyarakat, serta akademisi,” katanya.

Ia mengucapkan syukur yang tak terhingga, Kilang Pertamina Plaju menjadi sebagai satu-satunya perusahaan dari Indonesia dan bahkan Asia Tenggara, dapat mengangkat nama baik negara dan kawasan Asia Tenggara di kancah dunia, dengan didapuk sebagai Winner di ajang bergengsi World Petroleum Council Excellence Awards 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)