Ganjar Sejati Optimistis Petani Kopi Mampu Dorong Ekonomi Daerah

Senin, 25 September 2023 - 12:30 WIB
loading...
Ganjar Sejati Optimistis Petani Kopi Mampu Dorong Ekonomi Daerah
Sukarelawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan kopi pascapanen untuk meningkatkan hasil pertanian di Bandung Barat, Minggu (24/9/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Bandung Barat memiliki hasil pertanian kopi melimpah. Sukarelawan Ganjar Sejati pun melihat hal tersebut sebagai salah satu hal yang harus dioptimalisasi.

Berdasarkan itu, para pendukung Ganjar Pranowo itu menggelar pelatihan kopi pascapanen untuk meningkatkan hasil pertanian kopi yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Hal itu disampaikan Koordinator Daerah Ganjar Sejati Kabupaten Bandung Barat Asep Sukarna. Dia menyebutkan, potensi alam harus mampu dimaksimalkan, terutama oleh warga desa.

"Agar supaya masyarakat desa menjadi basic kekuatan ekonomi dalam rangka kemandirian ekonomi Indonesia ke depan," ujar Asep di lokasi pelatihan, Kampung Binong, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (24/9/2023).



Ganjar Sejati sebagai sukarelawan yang gencar berbagi kebaikan dan kegiatan positif ke masyarakat, berkomitmen untuk mendorong warga desa sebagai salah satu penggerak perekonomian bangsa.

Asep optimistis, melalui pelatihan kopi yang dilakukan Ganjar Sejati dapat membangkitan semangat dan kemandirian masyarakat dalam mengungkit ekonomi daerah melalui kopi.

"Semangat yang Ganjar Sejati bawa untuk masyarakat desa, marilah kami bersama-sama untuk menumbuhkembangkan semangat kemandirian, semangat gotong royong," kata Asep.

Lebih lanjut, Nandang Kosim sebagai pemateri dan juga ketua penggerak petani kopi Kabupaten Bandung Barat menyampaikan hasil pertanian para petani kopi sudah cukup bagus dari tahun ke tahun.

"Usaha warga di kopi sudah cukup baik di tahun-tahun ini. Dari harga kopi sangat murah, sekarang sudah menjual produk sendiri dari petani tersebut," ucap Nandang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)