Ekonom Beberkan Dampak Pemilu 2024 Terhadap Iklim Investasi di Indonesia

Selasa, 26 September 2023 - 09:00 WIB
loading...
Ekonom Beberkan Dampak Pemilu 2024 Terhadap Iklim Investasi di Indonesia
Ekonom membeberkan dampak pemilu 2024 terhadap iklim investasi di Indonesia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia akan memasuki tahun politik jelang pemilihan umum pada 2024 mendatang. Gelaran pesta demokrasi ini disebut memiliki dampak terhadap iklim investasi di Indonesia.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan bahwa pemilu akan turut berdampak pada sikap investor asing yang cenderung wait and see. Secara historis, dampak pemilu terhadap ekonomi Indonesia sangat bervariasi.

"Tapi setelah hasil pemilu keluar dan kondisi politik stabil, biasanya kepercayaan investor akan kembali rebound," kata Josua dalam Media Gathering, Senin (25/9/2023).



Dia mengungkapkan, pada 2019 lalu dampak pemilu dinilai cenderung bias karena terjadinya perang dagang secara global. Sementara, pada 2004-2009, rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat mengalami pelemahan sesaat.

Di sisi lain, jika melihat indikator makro, Josua mengungkapkan dua faktor yang cukup dominan dari pemilu. Di satu sisi, masyarakat melihat kegiatan pemilu akan mendorong konsumsi masyarakat, khususnya Lembaga Non Profit (LNPRT) yang melayani rumah tangga. Pada sisi lainnya, terdapat kecenderungan perlambatan penanaman modal asing (PMA) dalam empat pemilu terakhir.

"Namun yang menarik, walaupun pemilu, penanaman modal dalam negeri atau PMDN pertumbuhannya masih positif," ujar Josua.



Josua menuturkan perilaku investor asing di berbagai negara yang sedang menggelar perhelatan pemilu cenderung menunjukkan sikap uncertain. Hal tersebut berkaitan dengan akan adanya pemimpin baru yang turut melahirkan kebijakan-kebijakan baru.

"Investor asing cenderung lebih concern dibandingkan investor domestik. Justru investor domestik ini karena mengetahui kondisi politik relatif stabil dan tidak ada gejolak yang signifikan, itu membuat optimisme investor domestik lebih baik dibandingkan investor asing," ungkap Josua.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3142 seconds (0.1#10.140)