Sejarah Rubel Rusia, Salah Satu Mata Uang Tertua di Dunia

Rabu, 27 September 2023 - 15:17 WIB
loading...
Sejarah Rubel Rusia, Salah Satu Mata Uang Tertua di Dunia
Rubel Rusia termasuk salah satu mata uang tertua di dunia. Foto/Investopedia
A A A
JAKARTA - Rubel Rusia termasuk salah satu mata uang tertua di dunia setelah pound sterling. Mata uang resmi negara Rusia ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Hal tersebut juga mencerminkan perjalanan Rusia sebagai kekuatan ekonomi dan politik selama berabad-abad.

Lantas, bagaimana sejarah mata uang Rubel Rusia? Berikut ulasannya.

Sejarah Rubel Rusia


Mata uang Rubel Rusia memiliki sejarah panjang, bermula dari abad ke-13 sebagai sebutan berat perak. Raja Tsar Peter I memperkenalkan Rubel perak pada tahun 1704.



Pada tahun 1897, Rubel emas digantikan oleh Rubel perak, mengadopsi standar emas. Selama perang dan revolusi, Rubel sempat mengalami inflasi besar hingga kehilangan nilainya.

Pada era reformasi tahun 1922-1923, keadaan ini memulihkan sistem moneter, dan mulai mengenalkan chervonet sebagai unit standar mata uang.

Namun, di era pasca-Perang Dunia II tahun 1947, Rubel mulai kembali dipulihkan dan nilai mata uang chervonet mulai ditinggalkan.

Kemudian Bank Sentral Rusia memiliki kewenangan menerbitkan uang kertas dan koin. Uang kertas memiliki gambar bangunan dan monumen terkenal.

Setelah pembubaran Uni Soviet, Rubel Rusia menggantikan Rubel Soviet dengan nilai tukar 1.000 banding 1 pada akhir tahun 1990-an.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)