Menhub Apresiasi Kinerja PIS, Mampu Bersaing di Tingkat Global

Minggu, 01 Oktober 2023 - 11:32 WIB
loading...
Menhub Apresiasi Kinerja PIS, Mampu Bersaing di Tingkat Global
Presiden Joko Widodo mengunjungi booth PIS dan mendengarkan perkenalan singkat terkait bisnis PIS dalam acara Hub Space Kemenhub di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dan prestasi yang telah dicapai sejumlah perusahaan transportasi dan logistik Indonesia. Salah satunya PT Pertamina International Shipping (PIS).

Apresiasi ini dipaparkan dalam sesi diskusi interaktif bertajuk Hub Talks: Transformasi Transportasi Indonesia yang merupakan rangkaian acara Hub Space Kemenhub di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/9/2023). Dimoderatori langsung Menhub Budi Karya, sesi diskusi ini turut menghadirkan CEO PIS Yoki Firnandi, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Dirut Pelindo Arif Suhartono, Dirut PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Rhenald Kasali, dan pelawak Cak Lontong.

Budi Karya mengatakan, yang duduk dalam diskusi tersebut merupakan pelaku industri transportasi yang telah mencetak sejumlah prestasi dan membanggakan Indonesia, bahkan sampai di tingkat dunia. “Untuk itu saya bilang ke dirjen-dirjen saya, jangan persulit mereka. Jika mereka berhasil, kita yang akan dapat nama dan bangga. Ini bisnis shipping (PIS) sudah dikenali dan kapalnya banyak banget,” kata Menhub Budi Karya dalam diskusi tersebut.

CEO PIS Yoki Firnandi memaparkan PIS sebagai bagian dari Pertamina Group, merupakan urat nadi virtual dalam mendistribusikan energi di Indonesia. PIS memiliki ratusan kapal laut yang mengantarkan energi berupa BBM, LPG, dan lainnya agar bisa dinikmati masyarakat.

“Selama 2022, PIS mencatat telah mengangkut 157 miliar liter kargo berupa BBM, minyak mentah, bahkan LPG. Kapal-kapal PIS juga tidak hanya berlayar di Indonesia tetapi juga sudah berlayar di 26 rute internasional. Hampir seluruh dunia sudah kita jelajahi,” ujarnya.

Saat ini, PIS memiliki 97 kapal milik dan akan terus bertambah. PIS juga telah membuka kantor cabang di Singapur dan Dubai sebagai bukti komitmen ekspansi pasar global. “Bisa dibilang PIS merupakan salah satu pemain shipping terbesar di Asia Tenggara, dan ke depannya akan terus bertumbuh,” tandasnya.

PIS turut memeriahkan Hub Space 2023 yang digelar Kemenhub dari 29 September-1 Oktober 2023. Selain berpartisipasi dalam sesi diskusi, PIS juga membuka booth untuk memperkenalkan perusahaan lebih jauh ke publik. Pembukaan Hub Space dihadiri Presiden Joko Widodo yang berkesempatan mengunjungi booth PIS dan mendengarkan perkenalan singkat terkait bisnis PIS.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)