Daftar 25 Anak Perusahaan Telkom Group, Banyak Tersebar di Manca-Negara

Minggu, 01 Oktober 2023 - 13:30 WIB
loading...
Daftar 25 Anak Perusahaan Telkom Group, Banyak Tersebar di Manca-Negara
Telkom memiliki setidaknya 25 anak perusahaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada 25 anak perusahaan BUMN Telkom Group yang menarik untuk diketahui. Telkom Group adalah salah satu badan usaha milik negara ( BUMN ) terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang telekomunikasi dan informatika.



Sebagai perusahaan besar, Telkom memiliki beberapa anak perusahaan yang terlibat dalam berbagai sektor dan bisnis. Berikut adalah daftar lengkap anak perusahaan Telkom Group:

Daftar Lengkap Anak Perusahaan BUMN Telkom Group

1. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)

Telkomsel adalah perusahaan penyedia layanan seluler terkemuka di Indonesia, menyediakan layanan telepon seluler, data, dan layanan mobile banking.

2. Telkomsel Finance B.V (TFBV)

TFBV adalah entitas bisnis yang berlokasi di Amsterdam, Belanda, yang merupakan anak perusahaan dari Telkomsel. Pendirian perusahaan ini bertujuan untuk melakukan peminjaman dan penghimpunan dana melalui berbagai instrumen keuangan, seperti obligasi, surat kesanggupan bayar, dan instrumen keuangan lainnya.

3. Telekomunikasi Selular Finance Ltd. (TSFL)

TSFL, yang berdiri pada 22 April 2002, adalah bagian dari Telkomsel yang fokus pada investasi dan keuangan.

4. PT Sigma Cipta Caraka

TelkomSigma adalah suatu perusahaan yang menyediakan layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung bisnis.

5. PT Multimedia Nusantara

TelkomMetra berfokus pada penyediaan layanan multimedia dan konten digital, termasuk layanan televisi berlangganan dan internet.

6. PT Administrasi Medika (AdMedika)

AdMedika berdiri pada tahun 2002 sebagai perusahaan administrator pihak ketiga (third party administrator/TPA) pertama di Indonesia yang mengintegrasikan penggunaan aplikasi daring untuk proses klaim kesehatan dengan layanan administrasi asuransi/jaminan kesehatan.

Sejak tahun 2010, AdMedika secara resmi menjadi bagian dari Telkom Group setelah akuisisi melalui anak perusahaan Telkom yang disebut PT Multimedia Nusantara (Metra).

7. Finnet Indonesia (Finnet)

PT Finnet Indonesia adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada sistem pembayaran elektronik, merupakan anak perusahaan Telkom.

Didirikan sebagai perusahaan patungan antara Multimedia Nusantara, anak perusahaan Telkom, dan PT Mekar Prana Indah (MPI) yang sahamnya dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia (YKBI).

8. PT Melon Indonesia

Perusahaan ini mewujudkan ekspansi dalam industri media pendidikan yang mengutamakan layanan musik digital dan konten untuk perangkat seluler, komputer pribadi, saluran elektronik konsumen, dan media digital lainnya.

9. PT Infomedia Nusantara

Infomedia adalah bagian dari Telkom Group yang fokus pada Business Process Management dan Penerbitan, termasuk memberikan layanan untuk Contact Center sebagai penghubung komunikasi antara pelaku bisnis dan konsumen.

10. PT Balebat Dedikasi Prima (Balebat)

Anak Perusahaan Telkom satu ini didirikan pada tanggal 1 Oktober 2003 dan melayani jasa percetakan.

11. Telkom Satelit Indonesia

Pada tahun 1995, PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Patrakom) didirikan oleh beberapa perusahaan, termasuk PT Telkom, PT Indosat, PT Elnusa, PT Panutan Duta, dan PT Humpuss untuk menyediakan layanan sistem komunikasi satelit perminyakan.

Pada tahun 2001, Patrakom mendapat izin untuk menyediakan layanan internet. Pada tahun 2002, mereka juga mendapat izin untuk jaringan tetap tertutup dari Menteri Perhubungan. Pada tahun 2010, Patrakom mendapat izin untuk layanan sistem komunikasi data dan interkoneksi internet. Telkom kemudian mengambil alih seluruh saham Patrakom pada tahun 2013 dan mengubah namanya menjadi Infomedia.

12. PT PINS Indonesia

Perusahaan ini mengedarkan terminal telepon Flexi ULCH ke seluruh penjuru Indonesia dan memasok modem ADSL ke Telkom di berbagai wilayah Indonesia. Selanjutnya, perusahaan juga menyediakan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK)/USO di 1.396 kecamatan di seluruh wilayah Indonesia.

13. PT Metra - Net

PT Metra-Net, anak perusahaan Telkom yang didirikan pada 17 April 2009, bertujuan untuk menjadi mitra monetisasi terkemuka di industri daring. Perusahaan ini telah mengambil berbagai inisiatif bisnis, termasuk konten seluler, perdagangan, tiket online, dan penerbitan game jejaring sosial.

14. PT Telekomunikasi Indonesia Internasional

PT Metra-Net, anak perusahaan Telkom yang berdiri sejak 17 April 2009, bertujuan menjadi mitra utama dalam menghasilkan keuntungan di industri daring. Perusahaan ini telah mengambil berbagai langkah bisnis seperti konten seluler, perdagangan, tiket online, dan penerbitan game jejaring sosial.

15. PT Telekomunikasi Indonesia International (Hong Kong) Ltd. (Telin Hong Kong)

Pada tanggal 8 Desember 2010, Telin Hong Kong didirikan di Hong Kong. Kemudian, pada tanggal 1 Maret 2011. Telin Hong Kong memperoleh unified carrier license ("UCL") untuk menyediakan layanan jaringan telekomunikasi publik dengan instalasi radio komunikasi. Telkom memiliki 100% saham Telin Hong Kong melalui Telin.

16. Telekomunikasi Indonesia International Pte

Ragam layanan yang dimiliki oleh Telekomunikasi Indonesia Internasional adalah jasa telekomunikasi termasuk data berbasis Internet, layanan data, callback/call-reorigination, jasa kartu telepon prabayar, dan jasa sewa sirkuit.

17. Telekomunikasi Indonesia International, S.A

Telekomunikasi Indonesia International, S.A. adalah anak perusahaan Telin yang mengoperasikan jaringan seluler GSM di Timor Leste dengan merek Telkomsel.

18. Telekomunikasi Indonesia International Australia
Telkom Australia didirikan pada 14 Januari 2013 dan sepenuhnya dimiliki oleh Telin. Perusahaan ini beroperasi di bawah hukum Australia dan fokus pada Business Process Outsourcing (BPO), Information Technology Outsourcing (ITO), serta layanan telekomunikasi.

19. Scicom

Scicom, perusahaan penyedia layanan contact centre berbasis di Malaysia, didirikan pada tahun 1997. Telkom memiliki kepemilikan saham sebesar 29,71% melalui anak perusahaannya, Telin, menjadikannya pemegang saham mayoritas.

20. PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia

Perusahaan ini biasa dikenal dengan nama Telkom Infra dan didirikan pada 16 Januari tahun 2014 silam.

21. Dayamitra Telekomunikasi Tbk

Mitratel melakukan transformasi bisnis dengan memasuki bisnis penyediaan infrastruktur telekomunikasi, termasuk penyediaan menara telekomunikasi untuk operator di Indonesia. Pada akhir tahun 2021, perusahaan ini go public di Bursa Efek Indonesia.

22. Graha Sarana Duta

Pada 25 April 2001, Telkom sepenuhnya mengambil alih kepemilikan Graha Sarana Duta untuk mengelola gedung kantor dan aset properti Telkom.

Di bawah kepemimpinan Telkom, perusahaan ini berkembang dan memiliki tiga portofolio bisnis, yaitu jasa properti, manajemen proyek, dan pengembangan properti.

23. PT Telkom Akses

PT Telkom Akses, anak perusahaan Telkom, fokus pada konstruksi dan pengelolaan infrastruktur jaringan. Berdiri pada 12 Desember 2012, perusahaan ini mendukung komitmen Telkom dalam mengembangkan jaringan broadband untuk memperluas akses informasi dan komunikasi di Indonesia.

24. PT Napsindo Primatel International

Perusahaan ini spesialis dalam menyediakan Network Access Point (NAP) dan Voice Over Data (VOD). Namun, operasinya dihentikan sejak awal tahun 2006.



25. PT Telkom Data Ekosistem

Perusahaan awalnya bernama PT Sigma Tata Sadaya dan didirikan oleh TelkomSigma untuk berbisnis di pusat data. Pada awal 2022, Telkom mengambil mayoritas saham perusahaan ini dan mengubah namanya menjadi NeutraDC untuk melanjutkan operasinya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)