Lanjut Sampai Bogor, Uji Kelaikan LRT Ditargetkan Kelar 2024

Minggu, 01 Oktober 2023 - 17:40 WIB
loading...
Lanjut Sampai Bogor, Uji Kelaikan LRT Ditargetkan Kelar 2024
Pembangunan LRT hingga Bogor akan disegerakan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) menargetkan studi kelayakan (feasibility study/FS) terkait kelanjutan proyek LRT Bogor selesai pada tahun 2024. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengebut studi kelayakan LRT Bogor.



"Saat ini masih FS. Pokoknya 2024 sudah selesailah FS dan studi-studi nya," kata Risal saat ditemui di JCC, dikutip Minggu (1/10/2023).

Risal mengatakan bahwa kemungkinan besar pembangunan LRT Bogor akan berada di pinggir jalan tol Jakarta-Bogor. LRT Bogor akan membentang sejauh 24 km.

"Iya nerusin dari Harjamukti sampai ke Bogor, nanti lewat Sentul. Kalo nggak di kiri tol, ya di kanan tol Jakarta-Bogor," katanya.

Rencana pengembangan rute LRT hingga ke Bogor dan Grogol telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 49 Tahun 2017 terkait pengoperasian LRT Jabodebek.

Lewat Perpres 49/2017 tersebut dijabarkan terdapat 6 lintasan pelayanan LRT Jabodebek. Tiga di antaranya target beroperasi Juli 2023, antara lain Cawang-Cibubur (Stasiun Harjamukti), Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur (Stasiun Jatimulya).

Selanjutnya, LRT Jabodebek akan diperpanjang untuk rute Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan dan Palmerah-Grogol.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta studi pembangunan LRT ke Bogor disegerakan. Studi ini menjadi penting karena LRT Jabodebek cukup penuh dalam setiap perjalanannya.



"Saya minta juga segera distudi pembangunan LRT hingga ke Bogor. Karena kalau kita lihat LRT yang sekarang sudah penuh terus," kata Jokowi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)