ESDM Apresiasi Pelaku Industri yang Majukan Sektor Energi

Senin, 02 Oktober 2023 - 14:23 WIB
loading...
ESDM Apresiasi Pelaku Industri yang Majukan Sektor Energi
Transisi energi merupakan upaya majukan sektor energi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sektor energi di Indonesia sangat dipengaruhi dinamika global, seperti konflik geopolitik dan perubahan iklim akibat pemanasan global. Perlu ada upaya revolusioner untuk menekan emisi karbon yang dihasilkan sektor energi.



"Pelaksanaan transisi energi semakin penting dan perlu dipercepat untuk mencapai target net zero emission pada tahun 2060," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sambutannya di acara Penganugerahan Penghargaan Subroto 2023, di Jakarta, diktup Senin (1/10/2023).

Menurut Arifin, kementeriannya sangat mengapresiasi pelaku di industri energi yang bisa menjawab permasalahan tersebut. Salah satunya melalui Penganugerahan Penghargaan Subroto. Arifin Tasrif menjelaskan bahwa penghargaan itu merupakan apresiasi tertinggi kepada para pemangku kepentingan, yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia, dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, menambahkan Penghargaan Subroto tahun ini diberikan kepada 62 pemenang dari 14 kategori yang diusulkan oleh delapan unit eselon satu di lingkungan Kementerian ESDM. Jumlah kategori penghargaan ini meningkat dari tahun lalu yang sebanyak 13 kategori untuk 66 pemenang.

"Hal ini memberikan kesempatan lebih untuk penggiat sektor energi untuk terus memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan dan memajukan sektor ESDM ke depannya," tutur Dadan.

Di acara tersebut, PT Kideco Jaya Agung menerima sejumlah penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan Inovasi Penyediaan, Pembangunan, dan Pengelolaan Fasilitas Pembibitan/Persemaian (Nursery) Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara. Penghargaan diberikan langsung oleh Plt. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM Bambang Suswantono kepada Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung M. Kurnia Ariawan.

Kurnia Ariawan menyampaikan bahwa pihaknya selalu mengedepankan keberlanjutan bisnis, dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.



“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM atas penghargaan yang diberikan kepada kami. Tentunya ini menjadi semangat baru dan tanggung jawab untuk terus meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup di dalam kegiatan operasional bisnis kami. Kideco mengedepankan keberlanjutan bisnis dan terus memberikan dampak positif secara nyata kepada masyarakat dan lingkungan melalui program-program ESG," tandas Kurnia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2369 seconds (0.1#10.140)