Simak Tantangan Finansial Bagi Gen-Z!

Rabu, 04 Oktober 2023 - 12:25 WIB
loading...
Simak Tantangan Finansial Bagi Gen-Z!
Gen Z sudah mendominasi usia produktif di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di Indonesia, Gen-Z sudah hampir mendominasi usia produktif dan diperkirakan akan mengalami bonus demografi pada tahun 2045. Kondisi itu tentu akan berpengaruh pada kondisi perekonomian di Indonesia. Bonus demografi yang dimanfaatkan secara efektif tentu akan meningkatkan perekonomian di Indonesia.



Keberhasilan meningkatnya perekonomian tentu harus sejalan dengan kesadaran finansial yang baik pada setiap individu. Literasi keuangan yang masih sedikit membuat kesadaran juga masih minim. Hal ini dapat menghambat keberhasilan perekonomian dan tujuan finansial masa depan bagi Gen-Z. Isu ini membuat generasi saat ini rentan terkena krisis keuangan karena gaya hidup dan kurangnya pemahaman finansial.

Masalah gaji, tuntutan gaya hidup, generasi sandwich hingga kesehatan mental menjadi tantangan tersendiri bagi Gen-Z, alasan tersebut yang membuat Gen-Z dinilai sulit menabung dan investasi. Tuntutan gaya hidup menjadi faktor penghambat yang paling tinggi di kalangan generasi saat ini. Tren fashion, liburan dan konser membuat Gen-Z mengeluarkan budget lebih banyak setiap bulannya.

Pentingnya pengetahuan mengenai skala prioritas dan pengelolaan keuangan harus mulai ditanamkan sejak dini, sebab pengelolaan keuangan yang baik akan membantu terhindar dari kebiasaan impulsive buying. Selain itu, investasi merupakan salah satu pilihan bagi seseorang yang ingin mengembangkan dananya.

Selain gaya hidup, biaya hidup yang tinggi terutama di ibu kota juga menjadi salah satu alasan sulit menabung. Biaya hidup yang harus dipenuhi termasuk kebutuhan pokok dan sekunder merupakan kewajiban yang harus dipenuhi setiap bulan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, beberapa orang telah menyadari pentingnya investasi dan memiliki passive income.

Investasi merupakan pilihan yang tepat untuk mengembangkan modal yang kita punya dan bisa bermanfaat di masa depan. Saat ini jenis investasi banyak dan mudah dilakukan. Bagi sebagian orang investasi mungkin dianggap sulit dan tidak praktis.Salah satu investasi yang cukup mudah dan dapat dimulai dengan modal yang kecil adalah reksa dana.



Adapun MNC Asset Management menyediakan beberapa jenis reksa dana, salah satunya adalah reksa dana pasar uang yang cocok bagi investor pemula, yaitu produk MNC Dana Lancar mempunyai indikasi return sebesar 4,50% net p.a dan MNC Dana Syariah Barokah yang mempunyai indikasi imbal hasil sebesar 4,02% net p.a berdasarkan NAB per tanggal 02 Oktober 2023. Nasabah bisa membeli kedua reksa dana pasar uang tersebut via website motionfunds.id.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)