Indonesia dan Persatuan Emirat Arab Gelar JWG Perkuat Kerja Sama Energi

Rabu, 04 Oktober 2023 - 22:27 WIB
loading...
Indonesia dan Persatuan Emirat Arab Gelar JWG Perkuat Kerja Sama Energi
Indonesia dan Persatuan Emirat Arab (PEA) perdana menyelenggarakan Joint Working Group (JWG) di Abu Dhabi International Progresive Energy Conference (ADIPEC), Selasa (3/10/2023). FOTO/dok.SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Indonesia dan Persatuan Emirat Arab (PEA) perdana menyelenggarakan Joint Working Group (JWG) on Energy di sela-sela konferensi energi terbesar dunia, di Abu Dhabi International Progresive Energy Conference (ADIPEC) pada Selasa (3/10/2023).

JWG bertujuan untuk memperkuat kerjasama bilateral di sektor energi, termasuk meningkatkan kerjasama perdagangan dan investasi dan kolaborasi di sektor pengembangan kapasitas. JWG merupakan implementasi dari Joint Declaration of Intent between the Ministry of Energy and Infrastructure of the UAE and the Ministry of Energy and Mineral Resources of Republic of Indonesia in the field of Energy yang ditandatangani kedua negara pada November 2022.

"JWG merupakan wujud konkret dari penguatan kerja sama pada sektor energi di mana Indonesia dan PEA telah menjadi rekan strategis di sektor industri minyak dan gas," Staf Khusus Menteri ESDM Triharyo Soesilo, yang juga Ketua JWG dalam siaran pers, Rabu (4/10/2023).



Sementara, Yang Mulia Sharif Salim AlOlama menyampaikan bahwa PEA berkomitmen untuk menuju net zero emisi pada 2050 melalui pengurangani konsumsi energi dan emisi serta mengoptimalkan efisiensi energi di beberapa sektor energi PEA. Pihaknya juga mempromosikan PEA sebagai negara termaju dalam pengembangan hidrogen sebagai energi terbarukan pada 2031.

Lebih lanjut, Duta Besar Indonesia untuk PEA, Husin Bagis menyampaikan bahwa the first joint working group on energy dapat memperkuat hubungan bilateral antar kedua negara. "PEA diharapkan dapat berpartisipasi dalam capaian target 10 Gigawat indonesia untuk tercapainya bauran energi secara keberlanjutan," kata dia.



Sebagai informasi, acara the first joint working goup on energy dihadiri Delegasi dari Kementerian ESDM RI dan Kementerian Energi dan Infrastruktur PEA, serta delegasi dari BUMN kedua belah pihak. Dari diskusi terindentifikasi beberapa peluang di sektor minyak dan gas, energi baru terbarukan, ketenagalistrikan serta sektor mineral dan batu bara. JWG diketuai oleh Staf Khusus Menteri ESDM RI dan Undersecretary for Energy and Infrastructure Kementerian Energi dan Infrastruktur PEA, Yang Mulia Sharif Salim AlOlama.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2240 seconds (0.1#10.140)