Frugal Living: Pelit atau Ngirit? Intip IG Live MNC Asset dan Andhika Widjojo

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 13:04 WIB
loading...
Frugal Living: Pelit atau Ngirit? Intip IG Live MNC Asset dan Andhika Widjojo
Simak ngobrol seru dalam program BISIK-BISIK (Bikin Investasi Jadi Asik) bertajuk Frugal Living, Pelit atau Irit? pada hari Jumat, 6 Oktober 2023, pukul 15:00 WIB. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Frugal living merupakan gaya hidup hemat yang memiliki tujuan untuk mengurangi pengeluaran, dalam penerapan gaya hidup frugal living harus dibarengi dengan pengelolaan uang dengan bijak, mengurangi pengeluaran dengan membandingkan harga pada suatu barang. Pada prinsipnya yaitu menjaga keseimbangan antara kebutuhan pokok dan keinginan.

Gaya hidup frugal telah menjadi tren di kalangan anak muda saat ini, namun banyak yang beranggapan jika frugal living adalah gaya hidup yang sangat hemat dan ekstrem. Justru konsep ini mengajarkan untuk mengedepankan kebutuhan dibanding gaya hidup yang konsumtif. Di zaman sekarang sangat banyak masyarakat yang melakukan pembelian barang konsumtif sehingga menyebabkan sulitnya mencapai kestabilan finansial.



Seseorang yang ingin benar - benar menerapkan gaya hidup ini pun harus paham tujuan keuangan mereka dan bagaimana cara mencapainya. Selain itu jika ingin menerapkan gaya hidup ini juga perlu evaluasi pengeluaran setiap bulannya. Di dalam konsep yang hemat ini tentu tetap dibutuhkan investasi dan tabungan.

Pelit sendiri merupakan keserakahan dan hanya memikirkan keuntungan untuk diri sendiri, sedangkan frugal tidak mengedepankan sikap serakah terhadap uang yang akan disimpan. Secara umum tampak mirip karena memotong pengeluaran yang dianggap tidak terlalu penting.

MNC Asset Management yang merupakan salah satu unit bisnis PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) mengajak narasumber Andhika Widjojo yang merupakan seorang financial planner dan educator untuk ngobrol seru dalam program BISIK-BISIK (Bikin Investasi Jadi Asik) bertajuk “Frugal Living, Pelit atau Irit?” pada hari Jumat, 6 Oktober 2023, pukul 15:00 WIB, yang seperti biasa akan dipandu oleh Dini Endang Saparini - Senior Relationship Manager MNC Asset Management sebagai Host.

Acara BISIK-BISIK adalah program yang dibuat oleh MNC Asset Management untuk meramaikan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023, dan juga sekaligus mendukung target pemerintah untuk mencapai inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024 nanti. Selama bulan Oktober ini BISIK-BISIK akan diramaikan oleh financial planner, investment enthusiast dan tentunya juga akan diadakan webinar MNC Asset Management Market Outlook 2023.



Andhika Widjojo menyampaikan, ”Sekarang ini memang lagi tren banget sih frugal living, termasuk di kalangan financial planner. Beberapa masyarakat sudah banyak yang paham, tapi tetap aja ada yang menganggap ini tuh pelit sama diri sendiri. Padahal kalau untuk jangka panjang ini bermanfaat banget sih apalagi kalau dibarengi investasi juga,” tegas Andhika.

Dini, Senior Relationship Manager MNC Asset Management berpendapat, ”Buat mencapai tujuan finansial di masa depan itu memang tidak mudah, apalagi di era saat ini. Menerapkan gaya hidup hemat sangat sulit karena banyak sekali godaan promosi barang & jasa hingga kredit seperti paylater dan pinjaman online.” pungkas Dini.

Jadi gimana, sudah siap untuk ngobrol-ngobrol bareng? Yuk simak BISIK-BISIK (Bikin Investasi Jadi Asik) di IG Live @mncasset @andhikawidjojo_cfp_qwp yang akan dilaksanakan pada Jumat, 6 Oktober 2023 pukul 15.00 WIB – 15.45 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya!
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)