BEI Tak Bisa Pastikan 100% Bebas Gangguan Teknis

Senin, 10 Juli 2017 - 14:01 WIB
BEI Tak Bisa Pastikan 100% Bebas Gangguan Teknis
BEI Tak Bisa Pastikan 100% Bebas Gangguan Teknis
A A A
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, pihaknya tidak bisa memastikan 100% tidak kena gangguan tiap tahun. Pasalnya, kekuatan sistem hanya 99,75%. Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, BEI maksimal bisa terkena gangguan dua jam setiap tahun. Hari ini seperti diketahui BEI, perdagangan saham Tanah Air terkena gangguan selama satu jam.

"Availability kita 99,75% artinya maksimum 2 jam per tahun drop, hari ini sudah sejam. Kita akan tingkatkan Agustus depan menjadi 99,98%, kita sudah investasi," ujarnya di Jakarta, Senin (10/7/2017).

(Baca Juga: Gangguan Teknis BEI Pernah Terjadi 5 Tahun Lalu
Kendati dihantam gangguan teknis, Tito mengungkapkan, itu bukan soal kerugian teknis. Namun, lebih ke pelayanan ke seluruh pemangku kepentingan di pasar modal. "Kalau dihitung kerugian, kita enggak hitung kerugian materi. Kalau di bursa adalah lebih kepada tanggung jawab tingkatkan kerja ini," katanya.

BEI, lanjut dia akan segera memeriksa transaksi yang terjadi selama gangguan berlangsung pagi tadi. Sehingga, tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu. "Dari beberapa alternatif, kita up kan mesin lagi. Tapi transaksi yang sudah terjadi tetap jalan. Ini sedang didetilkan transaksi apa itu," ungkap dia.

Sebelumnya Tito meminta maaf ke seluruh pemangku kepentingan di pasar modal Indonesia, usai gangguan yang terjadi pada sesi pembukaan pagi tadi. "Kami terus berusaha supaya enggak terjadi lagi. Betul terakhir ada problem 5 tahun lalu, tapi harusnya tidak terjadi dan kami mohon maaf," terangnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0265 seconds (0.1#10.140)