5 Provinsi Luar Jawa Terkaya di Indonesia, Punya APBD Tinggi

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 18:54 WIB
loading...
A A A
Provinsi ini merupakan salah satu penghasil minyak, gas, batu bara, emas, perak, timah, karet, kelapa sawit, dan kakao terbesar di Indonesia. Kalimantan Timur juga memiliki keunggulan budaya yang beragam, dengan berbagai suku, bahasa, agama, dan adat istiadat yang hidup harmonis.

4. Sumatera Selatan


Sumber kekayaan provinsi Sumatera Selatan adalah beragam dan melimpah. Provinsi yang satu ini mempunyai APBD 2022 sebesar Rp9,9 triliun.

Besarnya APBD tersebut dihasilkan dari kekayaan yang dimilikinya. Terutama berasal dari bidang pertanian dan perkebunan, kehutanan, perikanan dan kelautan hingga dihasilkan dari proses pertambangan yang ada di sana.

5. Sulawesi Selatan


Sulawesi Selatan termasuk provinsi terkaya di Indonesia. Provinsi yang satu ini memiliki APBD yang cukup besar, yaitu mencapai Rp9,2 triliun.

Provinsi ini memiliki banyak sumber daya alam, seperti minyak, gas, nikel, emas, perak, dan batubara. Selain itu, Sulawesi Selatan juga dikenal sebagai penghasil berbagai komoditas pertanian, seperti padi, jagung, kacang tanah, kopi, kakao, kelapa sawit, dan karet.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)