5 Provinsi Luar Jawa Terkaya di Indonesia, Punya APBD Tinggi

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 18:54 WIB
loading...
5 Provinsi Luar Jawa Terkaya di Indonesia, Punya APBD Tinggi
Terdapat sejumlah provinsi terkaya di Indonesia yang berada di luar Pulau Jawa. Foto/Ilustrasi/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah provinsi terkaya di Indonesia yang berada di luar Pulau Jawa. Daftar kekayaan ini diukur berdasarkan jumlah pendapatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ).

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ada lima provinsi luar Jawa yang tercatat sebagai provinsi terkaya. Kelima provinsi tersebut memiliki kekayaan yang bernilai fantastis dengan rata-rata APBD lebih dari Rp10 triliun.

Berikut ini adalah daftar dari lima provinsi luar Jawa terkaya di Indonesia.

Provinsi Luar Jawa Terkaya di Indonesia


1. Aceh


Aceh merupakan provinsi terkaya di Indonesia pertama yang berada di luar Pulau Jawa. Provinsi ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak bumi, gas alam, emas, perak, dan kopi.



Berdasarkan data pendapatan APBD Aceh pada tahun 2022, provinsi yang satu ini memiliki kekayaan bernilai Rp13,35 triliun. Jumlah ini juga akan terus bertambah seiring meningkatnya pendapatan asli daerah Aceh.

2. Sumatera Utara


Sumatera Utara menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Provinsi ini memiliki berbagai sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak, gas, batu bara, emas, perak, timah, karet, kelapa sawit, dan kakao.

Provinsi Sumatera Utara juga memiliki potensi wisata yang menarik, seperti Danau Toba, Pulau Nias, Gunung Sibayak, dan Taman Nasional Gunung Leuser. Dengan keunggulan yang dimilikinya itu, provinsi ini mempunyai APBD sebesar Rp12,01 triliun.

3. Kalimantan Timur


Kalimantan Timur memiliki kekayaan yang melimpah, baik dari segi sumber daya alam maupun budaya. Provinsi yang satu ini memiliki pendapatan APBD sebesar Rp10,86 triliun.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6108 seconds (0.1#10.140)