Bacaleg Partai Perindo Dukung Pemerintah Proteksi Pelaku UMKM

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 20:59 WIB
loading...
Bacaleg Partai Perindo Dukung Pemerintah Proteksi Pelaku UMKM
Bacaleg DPR RI dapil III DKI Jakarta dari Partai Perindo, Gondo Radityo Gambiro mengatakan, langkah pemerintah menerbitkan Permendag 31/2023 sudah tepat untuk memproteksi pelaku UMKM dari serangan produk impor di pasar digital. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bacaleg DPR RI dapil III DKI Jakarta dari Partai Perindo, Gondo Radityo Gambiro mengatakan, langkah pemerintah menerbitkan Permendag 31/2023 sudah tepat untuk memproteksi pelaku UMKM dari serangan produk impor di pasar digital.

"Saya kira sudah tepat pada tempatnya pemerintah melakukan proteksi," kata Gondo dalam siaran Podcast Aksi Nyata bertajuk Tantangan Pasar Konvensional di Tengah Tren Digital di channel YouTube Partai Perindo, Sabtu (7/10/2023).



Namun menurut Gondo, perkembangan teknologi tidak dapat dibendung, sehingga ia menilai proteksi yang saat ini diterapkan pemerintah tidak akan bertahan lama.Oleh karena itu, selama pelaku UMKM memiliki proteksi dari Permendag 31/2023, semua pihak harus berbenah diri untuk bisa mengambil celah agar pelaku UMKM bisa bersaing di pasar digital .

"UMKM ini bisa mengambil celah dari kesempatan yang ada, ini untuk bisa juga akhirnya mengikuti trend yang ada di dunia, ini karena memang di dunia sudah seperti itu, kita tidak mungkin memagari rumah kita sendirian, terproteksi dari era globalisasi ini, apalagi IT itu sangat cair, sangat mudah dan sebagainya," tuturnya.



Gondo menyatakan, ke depan perlu ada inovasi-inovasi dan terobosan baik dari pemerintah maupun dari pelaku UMKM itu sendiri. Selain itu perlu ada kolaborasi untuk menghasilkan sebuah regulasi yang menguntungkan untuk pelaku UMKM.

"Jangan sampai UMKM kita ini tidak menyesuaikan diri dalam perkembangan bisnis yang ada," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)