Insentif Likuiditas Dorong Pengembang Kian Agresif, Segmen Milenial Jadi Incaran

Senin, 09 Oktober 2023 - 13:45 WIB
loading...
Insentif Likuiditas Dorong Pengembang Kian Agresif, Segmen Milenial Jadi Incaran
Sektor perumahan dan properti merupakan salah satu sektor yang memberi daya ungkit pertumbuhan ekonomi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sektor perumahan dan properti merupakan salah satu sektor yang memberi daya ungkit pertumbuhan ekonomi. Sektor ini sekaligus memiliki forward dan backward linkage yang kuat ke sejumlah sektor, termasuk penyerapan lapangan kerja.



Peran penting sektor properti ini menjadi alasan Bank Indonesia (BI) menetapkan sektor tersebut sebagai salah satu sektor yang didorong dalam implementasi Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM).

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti dikutip dari keterangan resmi Bank Indonesia (BI), Senin (9/10/2023) mengatakan, kinerja Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menunjukkan tren peningkatan pertumbuhan hingga lebih dari 10% (yoy) pada Agustus 2023, naik dibandingkan dengan akhir 2022 (8,17% yoy).



KPR merupakan kontributor tertinggi dari angka pertumbuhan tersebut, dengan generasi muda menjadi motor pertumbuhan kredit konsumsi, yaitu tumbuh secara tahunan sebesar 17,18% (Agustus 2023), di tengah tren penurunan kredit konsumsi pada generasi lainnya.

Dengan demikian dari sisi permintaan, terdapat peluang pembiayaan perumahan yang didorong oleh peningkatan permintaan KPR dari populasi Gen Z dan Milenial.

Sedangkan Direktur SouthCity, Peony Tang mengatakan, pihaknya memahami tren dan gaya hidup para milenial yang unik. Karenanya, pengembang ini agresif menggarap segmen milenial yang memiliki ceruk pasar besar.

“Salah satunya kami menghadirkan konsep Design Your Home, Your Way merupakan fitur khusus,” sebutnya Senin (9/10/2023).

Pengembangan kawasan hunian disiapkan seluas 57 hektare. Fitur itu, lanjut dia, memungkinkan konsumen terutama milenial untuk memilih semua fitur desain interior rumah mereka – mulai dari memilih warna lantai sampai dengan dinding kamar mandi.

“Dengan memahami tren saat ini, kami menawarkan konsep Custom Homes, yang memberikan opsi memilih warna lantai sampai dengan tipe kitchen countertop dan dilengkapi dengan fitur smart homes yang sangat cocok dengan gaya hidup milenials,” klaim dia.

Sementara Sales & Marketing General Manager SouthCity, Alberto Sutejo menambahkan, Fortunia Cove akan diluncurkan pada awal Oktober 2023. Dikarenakan jumlah unit yang terbatas, maka Fortunia Cove akan dipasarkan dengan sistem Nomor Urut Pemesanan (NUP) atau Priority Pass dengan opsi Regular atau VIP Pass, dimana pembeli VIP Pass.

"Para penghuni atau end user juga akan menikmati nilai investasi rumah tinggalnya yang harganya akan terus naik,” katanya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)