Membelah Bumi untuk Transportasi, Inilah 10 Jaringan Jalan Terbesar di Dunia

loading...
Membelah Bumi untuk Transportasi, Inilah 10 Jaringan Jalan Terbesar di Dunia
Kota-kota yang terhubung dengan baik diyakini menyebabkan warga sebuah negara lebih bahagia. Inilah sebabnya mengapa jaringan jalan menjadi bagian vital dari masyarakat modern. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
INFRASTRUKTUR menjadi salah satu indikator ideal untuk melihat keberhasilan sosial dan ekonomi suatu negara. Kota-kota yang terhubung dengan baik diyakini menyebabkan warga sebuah negara lebih bahagia.

Inilah sebabnya mengapa jaringan jalan menjadi bagian vital dari masyarakat modern. Berikut 10 jaringan jalan terbesar di dunia. (Baca juga: 8 Jalur Perdagangan Kuno Peradaban Manusia)

1. Jaringan Jalan Amerika Serikat (AS)
Membelah Bumi untuk Transportasi, Inilah 10 Jaringan Jalan Terbesar di Dunia

Total Panjang : 4.120.000 mil

Panjang Jalan Tol : 47.622 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 80 mph
Jalan Terkenal : I-95

Jaringan jalan AS adalah jaringan jalan terbesar di dunia. Pembangunannya awalnya dimulai setelah masa tunggu 17 tahun ketika Presiden Eisenhower mengesahkan Undang-Undang Federal-Aid Highway pada 1956. (Baca juga: Rakyat Amerika Serikat Khawatirkan Kekuatan Berbahaya Raksasa Online)



Undang-undang ini memprakarsai pembangunan jalan-jalan antar negara bagian. Salah satu jaringan jalan terbesar di AS adalah Interstate yang dikelola oleh Departemen Transportasi masing-masing negara bagian. Setiap negara bagian bertanggung jawab atas pemeliharaan Interstate yang termasuk dalam perbatasannya.

2. Jaringan Jalan India
Membelah Bumi untuk Transportasi, Inilah 10 Jaringan Jalan Terbesar di Dunia

Total Panjang : 3.841.725 mil
Panjang Jalan Tol : 751 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 75 mph
Jalan Terkenal : Grand Trunk Road

India memiliki jaringan jalan luas yang telah lama terdiri dari campuran jalan beraspal dan jalan tidak beraspal. Proyek Pembangunan Jalan Raya Nasional telah digerakkan untuk memodernisasi dan meningkatkan infrastruktur negara.



Laju pembangunan jalan raya mencapai titik tertinggi sepanjang masa dari 2017-2018. Grand Trunk Road adalah salah satu jalan tertua dan terpanjang di Asia, dan berfungsi untuk menghubungkan anak benua India dengan Asia Tengah. (Lihat grafis: Mulai 3 Agustus, Ganjil Genap di Jakarta Kembali Dilakukan)
halaman ke-1 dari 4
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top